UNUSU Hijaukan Tepi Sungai Badera dengan Simpur dan Matoa

oleh -279 views
UNUSU Hijaukan Tepi Sungai Badera dengan Simpur dan Matoa
Civitas Akademika Universitas UNUSU menghijaukan tepi Sungai Badera. Foto: D|Ist

Medan-Mediadelegasi: Hari Lingkungan Hidup Tahun 2021 menginspirasi Civitas Akademika Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU) menghijaukan tepi Sungai Badera. Sabtu (5/6), kemarin mereka pun melakukan kegiatan Penanaman Pohon Simpur dan Pohon Matoa di bantaran sungai  membelah Kecamatan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara itu.

Kegiatan ini dibuka Rektor UNUSU Prof Dr Abdul Rauf MP di bantaran sungai Badera. Dia mengungkap, kerusaksan lingkungan terutama pada kawasan DAS sangat berdampak buruk bagi masyarakat Kota medan, khususnya pada musim penghujan yang menyebabkan terjadinya banjir dan erosi. “Ini harus menjadi perhatian serius semua pihak termasuk dunia kampus,” katanya.

Dalam acara ini, juga  turut di hadiri oleh WRI, WR III, Dekan, Dosen,  Alumni dan Mahasiswa UNUSU. Kegiatan penanaman bibit pohon matoa dan simpur ini dilakukan serangkaian memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia.

BACA JUGA : Wali Kota Medan Bersama Ketua PKK Tanam Pohon dan Tabur Benih Ikan

Hal senada juga disampaikan Dekan Fakultas Ekonomi UNUSU Rahmat Suryanto Pirngadi SP MP.  Kandidat Doktor pada bidang Agribisnis ini mengatakan bahwa, kegiatan seperti ini harus terus dilakukan oleh semua pihak.  “Penanaman pohon di bantaran sungai menjadi kegiatan yang efektif untuk menguatkan bantaran sungai dari erosi yang terjadi pada musim penghujan,” katanya.

Dekan Fakultas Ekonomi Rahmat Suryanto Pirngadi SP, MP yang juga  salah seorang Pegiat dan pemerhati lingkungan terutama pada DAS, juga menyampaikan bahwa, bibit yang ditanam pada bantaran sungai dalam upaya kegiatan konservasi bukan hanya sekadar penguatan bantaran sungai saja, melainkan juga harus bernilai ekonomis bagi masyarakat serta mencerminkan kearifan lokal masyarakat setempat, kiranya terpenuhi unusur pembangunan berkelanjutan. D|Red

No More Posts Available.

No more pages to load.