Rakernas III KMDT dari Tanah Batak hingga Papua Hadir

oleh -357 views
Rakernas III KMDT dari Tanah Batak hingga Papua Hadir
Edison Manurung, Sihol Situngkir saat memberikan ulos kepada Brigjen TNI (Purn) Nuhajizah Marpaung usai pembukaan Rakernas III KMDT di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta, Kamis (29/9). Kegiatan ini dihadiri DPD KMDT dari Tanah Batak hingga Papua. Foto: D|Ist

Jakarta-Mediadelegasi: Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Masyatakat Danau Toba (KMDT) dari Tanah Batak hingga Papua, Kamis (29/9), menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3 KMDT serta Pagelaran Semalam di Danau Toba, di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta.

Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI yang juga Ketua Dewan Pembina KMDT, membuka secara resmi Rakernas III KMDT menampilkan sejumlah narasumber nasional. Antara lain, Brigjen Pol Suhendri dari Mabes Polri, Dokter Bina Bukit dari BNN. Tampak juga Brigjen TNI (Purn) Nuhajizah Marpaung.

Jelang petang, Rakernas membahas pokok-pokok pikiran KMDT yang terangkum dalam empat bidang; Bidang kepariwisataan dan lingkungan hidup, Bidang Sosial Budaya, Bidang Ekonomi dan Pengembangan Koperasi KMDT,  Bidang Pengembangan SDM.

BACA JUGA:  Nurdin Lubis Buka Kemah Pramuka Kaldera Toba di Pantai Pasifik

BACA JUGA: KMDT Gelar Rakernas III, Direncanakan Dibuka Presiden Jokowi

Ditandatangani Ketua Stering Comite Rakernas, Dr Drs Sonny W Manalu MM, Ketum KMDT St Edison Manurung SE MM dan Sekjen Prof Dr Sihol Situngkir MSi, di bidang Kepariwisataan dan Lingkungan Hidup merekomendasikan agar BPODT melakukan sosialisasi dan edukasi secara terus menerus bagi masyarakat kawasan Danau Toba, khususnya masyarakat pelaku usaha wisata, sehingga semua dapat memberikan andil dan partisipasi secara aktif.

Rekomendasi Bidang Pariwisata ini meminta Pemprov Sumut dan Pemkab se Kawasan Danau Toba agar meningkatkan anggaran dalam mendukung pengembangan wisata Danau Toba, khususnya pembangunan infrastruktur lokal untuk mengintegsaikan pengembangan infrastruktur antarkabupaten antarkecamatan di seluruh Kawasan Danau Toba.

BACA JUGA:  Ketua Dewan Pers Ingatkan Insan Pers Melakukan Perubahan

Kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar melakukan upaya konkret serta cepat dalam menyelamatkan Kawasan Danau Toba dari kerusakan lingkungan meliputi, revitalisasi kawasan lembah dan muara sungai, penanaman hutan gundul serta penyadaran masyarakat melalui penyuluhan agar tidak merusak lingkungan. Kemudian penertiban dan penataan zona usaha budi daya ikan khususnya penggunaan system kerambah sehingga tidak merusah kejernihan air dan keindahan danau.

St Edison Manurung mengatakan, sesuai jadwal rangkaian Rakernas III KMDT di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta, Kamis (29/9), malam ini ada Pagelaran Semalam di Danau Toba. D|Red-06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.