Usai Disalatkan, Jenazah Marsal Harahap Dimakamkan Dekat Rumahnya

oleh -
Usai Disalatkan, Jenazah Marsal Harahap Dimakamkan Dekat Rumahnya
Marsal Harahap semasa hidupnya. Surat pernyataan Dewan Pers (kanan). Foto: D|Ist

Pematangsiantar-Mediadelegasi: Jenazah Marsal Harahap dibawa ke Masjid terdekat untuk disalatkan dan selanjutnya dihantarkan ke pemakaman Muslim yang tidak jauh dari kediamannya.

Usai Otopsi di RS Bhayangkara Medan, jenazah Mara Salem (Marsal) Harahap jelang sore tadi tiba di kediaman orangtuanya Jalan Rangkuta Sembiring, Kecamatan Siantar Utara, Sabtu (19/6).

Tangis keluarga dan ratusan pelayat yang sejak awal sudah menunggu kedatangan jenazah Pemred lassernewstoday.com itu pun pecah.

Jenazah korban penembakan, Sabtu (19/6) dini hari tak jauh dari kediamannya di Desa III Karang Anyer, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun itu tak sempat lama disemayamkan.

Sepupu almarhum, Rencana Siregar, mengatakan Marsal abangnya itu sempat bercerita mendapat ancaman beberapa waktu lalu diduga terkait pemberitaan yang dia buat.

“Sebelumnya dua minggu lalu sempat datang ke rumah menyampaikan keluhan mengenai pemberitaan tempat hiburan malam. Jadi kita tidak bisa menyebutkan namanya. Cuma dia mengeluhkan ada orang yang protes tentang pemberitaan itu,” kata Rencana.

Rencana menduga korban ditembak dari jarak dekat dan tak ada kerusakan pada mobil yang dikendarai Marsal.

“Karena nggak ada kerusakan pada mobil, berarti almarhum membukakan kaca ataupun pada saat dekat rumah, dia buka kaca karena mau dekat rumah,” jelasnya.

“Di paha sebelah kiri,” kata Direskrimum Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja kepada wartawan.

Bentuk Tim Khusus

Tatan mengatakan pihaknya membentuk tim khusus untuk mengusut kasus ini. Tim ini terdiri atas personel Polda hingga polsek.

“Kami membentuk tim gabungan dari Polda, Polres, dan polsek untuk menyelidiki kasus ini,” ucapnya.

Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo hanya menjelaskan bahwa pihaknya sudah memeriksa sejumlah saksi dan olah tempat kejadian perkara.

Imbauan Dewan Pers

Dewan Pers mengimbau segenap komunitas pers Sumatera Utara memperhatikan masalah penembakan wartawan senior Pemred LasserNewsToday.com, Marsal Harahap yang berujung kematian korban dan secara proporsional membantu aparat kepolisian dalam mencari bukti-bukti dan mengungkapkan fakta.

Imbauan itu disampaikan Mohammad Nuh Ketua Dewan Pers dalam keterangannya, Sabtu (19/6).

Dewan Pers mengutuk kekerasan dan pembunuhan terhadap jurnalis senior Marsal Harahap di Simalungun, Pematangsiantar, Sumatera Utara.

“Pelaku dan motif pembunuhan harus diungkap. Rasa keadilan keluarga Mara Salem Harahap juga harus ditegakkan,”

Hal yang tidak kalah penting, Dewan Pers mengimbau agar segenap unsur pers nasional untuk senantiasa mengedepankan keselamatan diri dan menaati Kode Etik Jurnalistik dalam menjalankan tugas profesional sebagai wartawan. D|Red-09

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.