Toba Heboh, Jenazah Robert Manurung Dimakamkan dalam Rumah Ibunya

oleh -58.600 views
Jenazah Robert Manurung Dimakamkan dalam Rumah
Tampak dinding depan rumah dijebol agar jenazah Robert Manurung bisa dimakamkan di dalam rumah ibunya. Foto:D|toba|turman simanjuntak

Toba-Mediadelegasi: Warga Kabupaten Toba heboh. Pasalnya, jenazah Robert Manurung dimakamkan di dalam rumah ibunya, Tiolan Simanjuntak. Informasi yang beredar, hal itu terjadi diduga karena harta warisan.

Karena sakit, Robert Manurung dibawa berobat inap ke RS HKBP Balige. Besokya Selasa 30 Juni 2020, Robert Manurung menghembuskan nafas terakhir sekitar jam 12:00 WIB. Lalu pihak keluarga membawa jenazah ke rumahnya di Desa Sariburaja, Kecamatan Balige.

Dari para pelayat, Rabu (1/7), Mediadelegasi memperoleh informasi bahwa kejadian ini diduga karena harta warisan. Dituturkan bahwa Tiolan Simanjuntak selaku ibu almarhum menginginkan puteranya dimakamkan di pemakaman umum di Desa Hutabulu Mejan.

BACA JUGA: Kades Sarankan Pemakaman Robert Manurung di Dolok Nagodang

Namun pihak paman dari Robert Manurung (marga Simanjuntak) tidak mengijinkan. Bahkan di pekarangan di belakang rumah Tiolan Simanjuntak pun, tidak diperbolehkan paman dari almarhum.

Diduga emosi, Rabu 1 Juli 2020, pagi, Tiolan Simanjuntak jalan kaki sembari membawa kampak dari Desa Sariburaja ke rumahnya di Desa Hutabulu Mejan. Dengan kampak, Tiolan Simanjuntak memecahkan jendela bagian depan rumahnya. Kemudian Tiolan menyuruh tukang menjebol dinding depan agar puteranya dimakamkan di dalam rumah.

Tiolan Simanjuntak memperoleh warisan tanah dari orang tuanya. Di atas rumah itu Tiolan Simanjuntak membangun rumah.

Robert Manurung adalah putera satu-satunya dari pasangan Tiolan Simanjuntak dengan suaminya Hotman Manurung. Dan almarhum Robert Manurung tidak mempunyai putera, hanya seorang puteri yang masih kecil.

Dengan meninggalnya Robert Manurung dan tidak mempunyai putera, maka Tiolan Simanjuntak tidak lagi mempunyai keturunan laki-laki sebagai ahli waris.

Zaman dulu, jika orang Batak tidak mempunyai pewaris putera atau laki-laki, maka warisan ibunya kembali menjadi milik pihak paman atau saudara laki-laki dari ibu.

BACA JUGA: Tentang Pemakaman Mendiang Robert Manurung dalam Rumah

Diduga, hal tersebut lah yang mengakibatkan pihak paman almarhum Robert Manurung atau pihak saudara laki-laki dari Tiolan Simanjuntak, tidak menginginkan almarhum dimakamkan di pemakaman umum Desa Hutabulu Mejan, bahkan di pekarangan belakang rumah Tiolan Simanjuntak pun tidak diperbolehkan.

Seorang pelayat marga Simanjuntak menuturkan kepada Mediadelegasi,  bahwa aturan adat seperti itu hanya terjadi zaman dulu. “Tetapi hal itu tidak terjadi lagi sejak zaman sekarang,” tambah Simanjuntak.

Tadi sore sekira pukul 14:30 WIB jenazah Robert Manurung dimakamkan di dalam rumah Tiolan Simanjuntak. Ratapan pilu Tiolan Simanjuntak mengiringi pemakaman putera tunggalnya. “Ini akan menjadi sejarah,” ratap Tiolan Simanjuntak. D|Tsa-51