Panwascam Balige Mulai Terima Berkas Calon PKD

oleh -191 views
Panwascam Balige Mulai Terima Berkas Calon PKD
Ketua Panwaslu Kecamatan Balige, Galileo Simanjuntak saat dikonfirmasi Mediadelegasi di kantornya. Foto: D|oktobernapitupulu

Balige-Mediadelegasi: Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Balige membuka masa penerimaan berkas Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) pertanggal 14-19 Januari 2023.

Ketua Panwascam Balige, Galileo Simanjuntak kepada Mediadelegasi mengungkapkan, berdasarkan Peraturan Bawaslu Nomor 19 Tahun 2017 dan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 4 Tahun 2022,  Bawaslu membuka kesempatan bagi warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa.

BACA JUGA: Bawaslu Humbahas Sosialisasi Hadapi Pemilu 2024

Galileo merinci, syarat calon anggota PKD wajib WNI, berusia paling rendah 21 tahun, setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, mempunyai Integritas jujur dan adil, berpendidikan paling rendah SMA sederajat, berdomisili di Kecamatan setempat dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk elektronik, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah menjadi anggota partai politik sekurang-kurangnya 5 tahun, tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap dan lain-lain.

Jadi lanjut Galileo perekrutan calon PKD melalui Kelompok kerja (Pokja) yang telah dibentuk di kecamatan masing-masing.

“Pokjalah nantinya akan melaksanakan sosialisasi tentang perekrutan PKD. Nah saat ini kami Panwaslu Kecamatan Balige masih tahap sosialisasi dan tahap dimulainya pendaftaran calon anggota PKD yang dimulai tanggal 14 Januari sampai tanggal 19 Januari 2023 dan untuk itu juga perekrutan calon anggota PKD gratis tidak dipungut biaya,” kata Galileo.

Diketahui Panwaslu Kecamatan Balige telah menempelkan selebaran kertas pengumuman pada tiap-tiap Kelurahan dan Desa perihal perekrutan calon anggota PKD di Kecamatan Balige. D|Tsa-36

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.