Pangdam I/BB Tinjau Kesiapan Lokasi F1H20 di Balige

oleh -355 views
Pangdam I/BB Tinjau Kesiapan Lokasi F1H20
Pangdam I/BB Mayjen TNI. Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin (kiri) bersama Kapolda Sumut Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak (kedua kanan) dan para pejabat instansi terkait meninjau persiapan lokasi Kejuaraan Dunia Powerboat F1H2O, di pantai Mulia Raja Napitupulu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Jumat (20/1). Foto: NG

Balige-Mediadelegasi: Pangdam I/BB Mayjen TNI. Achmad Daniel Chardin beserta Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak meninjau kesiapan sejumlah infrastruktur di lokasi Kejuaraan Balap Perahu Motor Seri Dunia bertajuk F1 Powerboat Lake Toba atau F1H2O,, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba..

“Kehadiran kami di sini untuk turut mengkoordinir, mensinkronkan dan mengorkestrasikan masing-masing bidang yang terlibat langsung dalam event ini, termasuk meninjau sejumlah fasilitas pendukung,” kata Pangdam I kepada pers di sela melakukan peninjauan ke kawasan pantai Mulia Raja Napitupulu, Kecamatan Balige, Jumat (20/1.

Fasilitas dan sarana prasarana infrastruktur yang ditinjau, di antaranya kamera pengawas atau CCTV yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan pemasangan di 22 titik yang akan difungsikan untuk mendukung tugas pengamanan selama penyelenggaraan event dunia powerboat yang digelar pada 24-26 Februari 2023 itu.

“Pihak kepolisian dan TNI sudah merencanakan ada 22 titik disekitar kegiatan ini yang dipasang CCTV,” tambahnya.

Dari sisi keamanan, kata Pangdam, pihaknya juga telah memperhitungkan segala kemungkinan kerawanan yang bisa terjadi selama pelaksanaan event F1H2O.

Dikatakannya, semua kemungkinan kerawanan telah dipelajari secara cermat dan termasuk langkah-langkah antisipasi yang akan dilakukan.

Dengan demikian, kata Daniel, situasi keamanan selama penyelenggaraan F1H2O diharapkan dapat berjalan lancar dan kondusif.

“Tentunya hal tersebut akan menjadi nilai tambah bagi Kota Balige sebagai tuan rumah penyelenggaraan dunia powerboat F1H2O,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak memastikan penyelenggaraan F1H2O di Kabupaten Toba akan berjalan dalam suasana kondusif.

“Kita pastikan situasi keamanan selama berlangsungnya event F1 Powerboat di Kabupaten Toba ini akan berjalan aman dan kondusif. Para peserta maupun penonton yang akan menyaksikan langsung terlayani dengan baik,” paparnya.

Kapolda menambahkan, sistem pengamanan event F1H2O menerapkan konsep Operasi Kewilayahan Mandiri dengan sandi “Ops Hopal Toba 2023”.

Operasi Kewilayahan Mandiri tersebut melibatkan unsur pemerintah daerah, TNI dan Polri yang saling berkolaborasi untuk mewujudkan rasa aman bagi semua pihak selama berada di arena F1H2O.

Turut hadir pada peninjauan itu, antara lain Kabinda Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari, Asisten Deputi Bidang Pariwisata Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi Kosmas Harefa, Asops Kasdam I/BB Kolonel Inf Hindratno Devidanto, Karo Ops Polda Sumut Kombes Pol Viktor Togi Tambunan, Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sanra dan Kapolres Toba AKBP Taufik Hidayat Thayeb.

F1H2O merupakan kejuaraan dunia Power Boat terkemuka yang telah diselenggarakan di 39 negara sejak tahun 1984.

Pada tahun 2023 ini, Danau Toba ditetapkan menjadi arena kejuaraan dunia perahu jet yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique dan disponsori oleh H2O. D|Red-04

One thought on “Pangdam I/BB Tinjau Kesiapan Lokasi F1H20 di Balige

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.