Ganjar Pranowo Pemimpin Teladan Ikuti Jejak Jokowi

oleh -1,429 views
Ganjar Pranowo Pemimpin Teladan Ikuti Jejak Jokowi
Prof Sihol Situngkir (baju merah), Ganjar Pranowo (rambut putih), saat diserbu para peserta Seminar untuk "selfian" hingga Panitia penyelenggara Seminar kewalahan untuk mengarahkan Pak Ganjar keluar menuju VVIP room yang telah disediakan Bank Permata, belum lama ini. Foto: D|dok-siholsitungkir

“Pemimpin itu punya seni, gaya dan perspektif membawa perubahan dan keteladan. Dengan demikian pemimpin nasional ke depan tercermin dari gaya Ganjar Pranowo” (Prof Sihol Situngkir)

MENDENGARKAN langsung paparan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak telah membuat kagum sekitar 700 peserta Seminar “Wealth Wisdom Mindfully Recover” atas gaya kepemimpinan dan kesuksesan kedua tokoh.

Permata Bank yang mengundang kedua pemimpin pemerintahan provinsi ini tampil di Vision Stage membawa topik “Leading with Style” memang sangat ditunggu-tunggu para peserta Seminar.

Dalam bincang-bincang Prof Sihol Situngkir dengan Mediadelegasi, belum lama ini di Medan, mantan Rektor Unika Santo Thomas Medan berpendapat, Ganjar Pranowo mapun Emil Dardak mempunyai kapabilitas mumpuni dalam memimpin daerah masing-masing.

BACA JUGA: Prof Sihol Situngkir: Perekonomian Indonesia Masih Stabil

Ganjar Pranowo telah berhasil membangun Jawa Tengah dengan sukses. “Dalam catatan saya, sejak dipimpin Ganjar Pranowo pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Tengah tetap terjaga dengan baik sebagai bukti meskipun ada dampak pandemi covid-19, dimana pada triwulan II-2022 pertumbuhan ekonomi masih mencapai 5,6% berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional 5,3% pada triwulan II tahun 2022,” kata Sihol.

Sihol mengambil contoh dari segudang prestasi Ganjar Pranowo memimpin Provinsi Jawa tengah. Di bidang pendidikan antara lain: bebaskan biaya SPP, Sekolah Asrama Gratis, kesejahteraan guru honorer dan guru Agama non formal, peningkatan kualitas pendidikan vokasi, pendidikan inklusif, pendidikan antikorupsi dan yang tidak kalah penting adalah Gubernur Mengajar.

“Atensi dari sosok pemimpin seperti ini patut diapresiasi dan diteladani oleh para pemimpin lainnya khususnya dan bangsa Indonesia umumnya,” ujar Prof Sihol.

BACA JUGA: SDM Unggul Syarat Pengungkit Kebangkitan Indonesia

Selama mengukuti paparan, Prof Sihol Situngkir mengaku, mencatat Ganjar sebagai sosok matang pengalaman tentang ciri pemimpin yang baik. Adalah, komunikatif, mendengarkan, tegas (risk taker), punya visi, punya seni, talenta dan integritas.

“Sisi lain yang tidak kalah pentingnya adalah performance keceriaan, menghormati orang lain hingga memiliki sikap kemandirian,” katanya lagi.

Prof Sihol Situngkir sependapat dengan Ganjar Pranowo, bahwa nilai-nilai kepemimpinan itu dibentuk dan tidak dilahirkan; meskipun hal ini masih masuk dalam diskusi publik dan diskusi akademis.

Ganjar dalam Seminar waktu itu, kata Sihol, memperkuat statemennya bahwa pemimpin itu kerap kali mesti terbanting, terjatuh, menangis lalu bangkit. Harus mempunyai mental yang kuat dan berupaya untuk bisa bangkit. Semuanya mesti dialami dan dirasakan dengan kerja keras.

BACA JUGA: Ganjar dan Bobby Lepas Peserta Friendship Run Borobudur Marathon 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.