Disbudparekraf Sumut Gelar Sejumlah Acara Selama F1H2O

oleh -448 views
Disbudparekraf Sumut Gelar Sejumlah Kegiatan Selama F1H2O
Kaos atau t-shirt salah satu dari sejumlah produk UMKM Sumut akan ikut dipamerkan selama penyelenggaraan Kejuaraan Balap Perahu Motor Seri Dunia bertajuk F1 Powerboat Lake Toba atau F1H2O di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, pada 24-26 Februari 2023. Foto: Robin Turnip

Medan-Mediadelegasi: Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Sumatera Utara (Sumut) akan menggelar sejumlah acara dan kegiatan sampingan atau side event di sekitar arena Kejuaraan Balap Perahu Motor Seri Dunia bertajuk F1 Powerboat Lake Toba atau F1H2O di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, pada 24-26 Februari 2023.

“Rangkaian side event ini nantinya akan dibuat di kawasan Pantai Bulbul Sibolahotang, Kabupaten Toba,” kata Kepala Disbudparekraf Sumut Zumri Sulthony di Medan, Sumut, Jumat (20/1).

Disebutkannya, kegiatan tersebut di antaranya festival kuliner, nonton bareng, dan pameran yang digelar di sejumlah stan UMKM.

Rangkaian side event ini turut dimeriahkan dengan atraksi hiburan dengan menampilkan artis, termasuk festival bakar ikan, nonton bareng, atraksi seni budaya dari berbagai kabupaten/kota di Sumut.

“Kegiatan ini mulai digelar pada 24 Februari, sehingga wisatawan maupun para penonton F1H2O bisa melihat langsung beragam produk UMKM yang dipamerkan,” tambahnya.

Pihaknya berharap perhelatan lomba balap perahu cepat internasional tersebut dapat menggerakkan ekonomi masyarakat lokal sekaligus menjadi ajang promosi pariwisata Sumut ke mancanegara.

Lebih lanjut Zumri menjelaskan, menjelang momentum penyelenggaraan F1H2O Pemprov Sumut melalui instansi terkait akan menyelenggarakan pelatihan digitalisasi promosi kepada 100 pelaku pariwisata di Kabupaten Toba.

“Penyelenggaraan Kejuaraan Seri Dunia Balap Perahu F1H2O merupakan momentum yang sangat tepat untuk mempromosikan destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba kepada dunia,” paparnya.

Kejuaraan F1H20 akan diikuti 10 tim dari berbagai negara dengan total rombongan diperkirakan bakal mencapai 300 orang.

Event balap perahu cepat seri dunia yang digelar di Danau Toba tersebut, lanjutnya, diyakini turut memberi dampak besar bagi sektor pariwisata dan perekonomian Sumut.

Zumri memperkirakan menjelang penyelenggaraan event balap powerboat internasional itu ada sekitar 20 hingga 25 ribu wisatawan domestik dan mancanegara yang bakal berkunjung ke kawasan wisata Danau Toba. D|Red-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.