Akses Jalan Menuju Salib Kasih Tertimbun Longsor

oleh -547 views
Akses Jalan Menuju Salib Kasih Tertimbun Longsor
Taman wisata rohani Salib Kasih di Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara. Foto: Ist

Medan-Mediadelegasi: Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten (BPBD) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Bonggas Pasaribu mengatakan akses jalan menuju taman wisata rohani Salib Kasih di Kecamatan Siatas Barita tertimbun tanah longsor akibat guncangan gempa pada Sabtu (1/10) dini hari.

Klarifikasi atas Judul Berita: Salib Kasih Dikabarkan Ikut Roboh

“Untuk sementara jalan menuju Salib Kasih belum bisa dilalui, karena sebagian badan jalan tertimbun longsor sepanjang 50 meter lebih,” katanya saat dikonfirmasi wartawan mediadelegasi melalui sambungan telepon dari Medan, Sabtu sore.

Titik lokasi jalan yang tertimbun material longsor, menurut dia, tidak jauh dari area parkir di komplek kawasan wisata rohani itu.

Pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Taput, lanjutnya, akan mengerahkan alat berat untuk membersihkan tanah bercampur batu yang menutupi badan jalan tersebut agar dapat dilalui kendaraan bermotor.

BACA JUGA:  Satpol PP Bubarkan Aksi Mogok Makan Mahasiswa UINSU

“Kemungkinan dalam satu atau dua hari ini jalan menuju Salib Kasih sudah dapat dilalui,” ucap Bonggas.

Ia memastikan, guncangan gempa berkekuatan 5.8 SR yang melanda Taput dan sekitarnya tidak sampai mengakibatkan kerusakan pada fisik bangunan monumen Salib Kasih yang memiliki ketinggian 30 meter dari permukaan tanah tersebut.

“Salib Kasih tidak terkena dampak gempa,” ujarnya.

Bonggas mengatakan bahwa bencana gempa yang melanda Taput telah mengakibatkan sejumlah rumah warga, fasilitas umum, gedung perkantoran pemerintah dan rumah ibadah rusak.

Tempat ibadah yang rusak akibat gempa, di antaranya Gedung HKBP Tarutung Kota.

Disebutkannya, gempa juga menyebabkan seratusan meter badan jalan kecamatan rusak, antara lain di Desa Simorangkir, Kecamatan Siatasbarita dan Desa Hutapea Banuarea, Kecamatan Tarutung.

BACA JUGA:  Prof Syahrin Harahap “Tamat”

“Saat ini kita masih terus mendata kerusakan yang timbul akibat gempa bumi,” tambahnya.

Keterangan dari Plt BPBD Kabupaten Taput itu sekaligus meluruskan adanya informasi dari salah seorang operator Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Deli Serdang yang diteruskan ke sebuah grup Whatsapp mengenai bencana gempa di Taput turut mengakibat monumen Salib Kasih roboh.

Sebagaimana diketahui, monumen Salib Kasih berdiri kokoh menghadap ke Kota Tarutung dan dilengkapi dengan kapel yang disebut Rumah Doa.

Terletak di Bukit Dolok, Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara, Bukit Salib Kasih berjarak sekitar 2 kilometer dari kota Tarutung.

Untuk menuju lokasi Salib Kasih, pengunjung harus melakukan pendakian sekitar satu kilometer sambil menikmati perbukitan yang teduh. D|Red-04

One thought on “Akses Jalan Menuju Salib Kasih Tertimbun Longsor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.