Webinar Bahas New Normal dalam Konteks Transportasi

oleh -233 views
Webinar Bahas New Normal dalam Konteks Transportasi
Webinar New Normal Transportation. Foto: D|Ist

WEBINAR New Normal Transportation ini diselenggarakan guna membantu mensosialisasikan berbagai macam aspek pada transportasi di era New Normal, baik dari sisi operasional, sisi penelitian dan pengembangan maupun dari sisi peraturan pemerintah.

Kegiatan ini disponsori The Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) Indonesia Joint Chapter yaitu Vehicular Technology Society and Intelligent Transporartion System Society (VTS/ITSS) dipimpin  Endra Joelianto, Ph.D.

Webinar ini dibuka dan ditutup Vice Chairman VTS/ITSS Herman Sutarto, Ph.D yang sekaligus Direktur Riset Pusat Riset Energi (PRE) dengan menghadirkan pembicara dari empat instansi, Khairur Rijal, AMd., LLAJ, S.Sos., M.Si. yang merupakan Kepala Transportasi dan Managemen Parkir, Dinas Perhubungan Kota Bandung.

Anne Purba, S.T. merupakan Vice President Corporate Communication PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI), Dr. Dipl.-Ing. Mulyadi Sinung Harjono, B.Eng, M.T., yang merupakan Program Director of Transportation Technology Innovation, Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan  Ir. Sigit Puji Santosa, MSME, Sc.D., IPU sebagai Director of National Center for Sustainable Transportation Technology (NCSTT), Institut Teknologi Bandung.

Pembicara dari Dishub Kota Bandung menitikberatkan pada implementasi kebijakan transportasi dalam masa New Normal di kota Bandung yang berstatus zona biru, dengan berbagai kebijakan untuk transportasi umum, baik bus TMB, DAMRI, Angkot maupun Bandros maupun kebijakan-kebijakan rekayasa lalu-lintas.

Pembicara kedua dari KCI, memberikan berbagai aturan-aturan protokol yang diterapkan di kereta KRL, melalui berbagai terobosan dengan berbagai platform aplikasi software khususnya aplikasi untuk mengetahui jadwal kereta beserta kedatangannya.

Namun nampaknya manajemen antrian masih merupakan kendala utama pada transportasi KRL. Oleh karena itu, permasalahan ini sedang diupayakan untuk diminimalisir melalui aplikasi yang mengatur virtual queueing management.

Pembicara dari BPPT menekankan pada aspek  inovasi dan disain berbagai macam produk baru teknologi transportasi yang harus dikaji ulang untuk adaptasi dengan New Normal.

Pembicara dari NCSTT-ITB menekankan bahwa second-wave pandemi Covid-19 bisa dikurangi dengan belajar dari keberhasilan atau kegagalan berbagai negara.

Berbagai macam pendekatan ilmiah perlu dilakukan untuk berbagai fase staging, testing, tracing dan mitigasi sebagai solusi Covid-19 sektor transportasi.

Selain second-wave, belajar dari kasus negara lain, yang perlu diperhatikan adalah area potensial penyebaran Covid-19, seperti tempat hiburan malam dan pariwisata.

Paparan dari para pembicara terlihat berhasil memberikan gambaran yang komprehensif tentang penanganan Covid-19 pada sektor transportasi, baik pada aspek operasional, riset dan pengembangan serta implementasi berbagai peraturan pemerintah.

Webinar New Normal Transportation berhasil menghadirkan berbagai tinjauan Covid-19 dengan berbagai aspek khususnya pada sektor transportasi.

Webinar ini diikuti peserta dari berbagai penjuru tanah air dengan jumlah lebih dari 100 orang dan dari berbagai profesi mulai dari dosen, mahasiswa, pengusaha, pegiat kereta api dan berbagai lapisan profesi. D|Rel