Warga Balige Antusias Sambut Pesta Rakyat Tarhilala

oleh -430 views
Warga Balige Antusias Sambut Pesta Rakyat Tarhilala
Warga membawa sampah rumah tangga dari rumah mereka masing-masing untuk ditukarkan dengan sembako murah di sela acara pesta rakyat Tarhilala di Kelurahan Napitupulu Bagasan, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Rabu (11/1). Foto: Oktober

Balige-Mediadelegasi: Sejumlah warga menyambut antusias pesta rakyat Tarhilala yang dirangkai dengan bazar sembako murah di Kelurahan Napitupulu Bagasan, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Rabu (11/1).

Pesta rakyat Tarhilala digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba bersama Bank sampah Bersinar Tarhilala dalam rangka menggelorakan semangat menjaga kebersihan sekaligus mendukung pengelolaan sampah di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

Acara tersebut turut diisi dengan bazar sembako murah yang sistem pembayarannya tidak menggunakan uang tunai, melainkan dengan sampah rumah tangga.

Beberapa warga saat diwawancarai mediadelegasi.id di arena bazar sembako yang dipusatkan di Balai Desa mengaku senang dengan sistem pembayaran nontunai tersebut yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dalam pengelolaan sampah sekaligus menjaga kelestarian lingkungan.

“Cara mendapatkan sembako murah dengan menggunakan sampah rumah tangga sangat bagus,” ujar Maurel Boru Marpaung serayamengucapkan terima kasih kepada para pengelola Bank Sampah Balige.

Selama ini, ia juga mengaku sering mengumpulkan sampah rumah tangga untuk ditukarkan dengan sembako murah di Bank Sampah Tambunan Balige.

Karena itu, ia mengajak kaum ibu rumah tangga di Balige agar menggiatkan pengumpulan sampah di rumah masing-masing untuk selanjutnya ditukar dengan sembako ke bank sampah terdekat.

Sebagaimana diketahui, penyelenggaraan pesta rakyat Tarhilala turut didukung oleh Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi RI dan Exploration and Production Public Company Limeted (PTTEP) Indonesia.

Pada kesempatan itu, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Toba, Rajaipan Sinurat mengapresiasi kepedulian Bank Sampah Balige selaku penggagas acara pesta rakyat Tarhilala.

Pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat semakin menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. D|Tsa-36

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.