UMKM Binaan Koperasi ABP Ikut Pameran di Arena F1 H2O

oleh -1,372 views
UMKM Binaan Koperasi ABP Ikut Pameran di Arena F1 H2O
Pengurus dan anggota Koperasi Pemasaran Pengusaha Gotong Royong Arga Do Bona Ni Pinasa (ABP) menggelar rapat persiapan dalam rangka pameran UMKM pada event F1 H2O tahun 2023, di Medan, Senin (16/1). Foto: Robin Turnip

Medan-Mediadelegasi: Beberapa pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan Koperasi Pemasaran Pengusaha Gotong Royong (KPPG) Arga Do Bona Ni Pinasa dipastikan akan mengikuti pameran dalam rangkaian penyelenggaraan Kejuaraan Balap Perahu Motor Seri Dunia bertajuk F1 H2O Powerboat Lake Toba pada 24-26 Februari 2023 mendatang.

“Beberapa pelaku UMKM binaan kami dipastikan akan ikut ambil bagian dalam pameran berskala internasional yang digelar dalam rangka Kejuaraan F1 H2O tahun ini di kawasan wisata Danau Toba,” kata Ketua Koperasi Arga Do Bona Ni Pinasa (ABP) Erika Panjaitan kepada mediadelegasi.id, di Medan, Senin (16/1).

Menurut dia, UMKM binaan Koperasi APB Medan dinyatakan berhak mengikuti pameran tersebut setelah melalui seleksi sangat ketat yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) dan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatera Utara (Sumut) selaku Kurator yang ditunjuk oleh pemerintah.

Para pelaku UKM binaan Koperasi ABP mendaftarkan produk mereka dalam berbagai macam kategori, di antaranya aneka produk fashion serta tas, dompet bermotif tenunan khas Batak atau ulos, suvenir, kerajinan tas, produk makanan dan minuman olahan yang telah bersertifikasi halal dari MUI dan beberapa jenis obat ramuan khas Karo.

Erika menambahkan bahwa pelaku UMKM anggota Koperasi ABP tersebut sebelumnya memang sudah dikurasi oleh BI dan dinyatakan layak.

Diakuinya, untuk bisa lolos mengikuti pameran internasional itu cukup selektif karena setiap produk yang didaftarkan wajib memenuhi berbagai persyaratan dari tim kurasi BI.

Karena itu, pihaknya turut merasa bangga dan senang bisa terlibat dalam pameran yang digelar di sekitar lokasi Kejuaraan F1 H20.

“Tentu dengan adanya kegiatan ini akan membuka peluang untuk para pegiat UMKM di Sumut untuk bisa memasarkan produk mereka, bahkan bisa mendunia, dan tentu berdampak pada kebangkitan ekonomi kita,” ujarnya di sela mengikuti rapat persiapan dalam rangka mengikuti pameran yang turut dihadiri dariunsur instansi pemerintah terkait.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumut, Unggul Sitanggang membenarkan bahwa minat pegiat UMKM untuk ikut serta berpameran di arena F1 H2O sangat banyak dan hanya sebagian yang dinyatakan lolos seleksi.

“Kita mengapresiasi minat UMKM untuk ikut dalam pameran di arena F1 H20, tetapi dari sekitar 5.000 pelaku UMKM yang mendaftar hanya sebagian yang dinyatakan lolos seleksi oleh tim kurasi,” ujar dia.

Disebutkannya, beberapa kriteria bagi produk UMKM yang dinyatakan lolos untuk ikut pameran, antara lain memiliki keunikan, konsistensi kualitas, kapasitas dan kontinuitas, inovasi, sertifikat halal dan menerapkan sistem pembayaran bersama dengan bank yang menggunakan QR Code Pembayaran atau QRIS.

Unggul mengajak segenap pelaku UMKM dan koperasi di Sumut untuk memanfaatkan penyelenggaraan Kejuaraan F1 Powerboat tahun 2023 tersebut sebagai momentum untuk menjadikan aneka produk UMKM dari daerah itu ikut mendunia. D|Med-24

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.