Teknik Elektro Universitas Katolik Parahyangan dan IEEE IS CSS/RAS: Workshop Virtual tentang MATLAB

oleh -165 views

Workshop MATLAB  sesi -1 telah dilaksanakan pada tanggal 26 November 2020 melalui virtual meeting dengan menghadirkan topik “Pengenalan dan Dasar Pemrograman MATLAB” yang disampaikan oleh Jonathan Chandra dari Teknik Elektro UNPAR.

Workshop sesi 1 tersebut dibuka secara langsung oleh Dr. Bagus Arthaya sebagai Ketua Jurusan Teknik Elektro UNPAR serta sambutan dari Arjon Turnip, PhD sebagai Chair dari IEEE Indonesia CSS/RAS Joint Chapter.

Salah satu hal/aspek penting yang dibutuhkan mahasiswa di bidang rekayasa sistem secara umum dan mekatronika secara khusus adalah kemampuan/skill dalam melakukan proses komputasi dan simulasi dinamika suatu sistem rekayasa secara terkomputerisasi dengan menggunakan perangkat lunak tertentu.

Kemampuan melakukan simulasi komputer sangat penting dan umum digunakan dalam praktik perancangan dan rekayasa suatu sistem untuk memperoleh gambaran abstrak terkait berbagai kemungkinan perilaku sistem yang akan dirancang/direkayasa sebelum purwarupa atau desain actual dari sistem tersebut di bangun/rancang dalam kehidupan nyata.

Pada bidang rekayasa sistem secara umum atau mekatronika secara khusus, salah satu produk perangkat lunak yang umum digunakan oleh praktisi industry atau akademisi untuk melakukan simulasi dan perancangan suatu sistem adalah MATLAB.

Dalam hal ini, pembekalan mahasiswa terkait pemahaman dan kemampuan dalam mengoperasikan MATLAB menjadi sangat penting untuk dilakukan dalam rangka mempersiapkan para mahasiswa dalam menyelesaikan proses studi pada level universitas maupun menghadapi tantangan dan kebutuhan di industri atau dunia kerja di masa mendatang.

Untuk membantu menjawab tantangan sebagaimana dipaparkan di atas, maka Program Studi Teknik Elektro, Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) bekerjasama dengan IEEE Indonesia CSS/RAS Joint Chapter mengadakan seri workskhop virtual dengan judul

“Workshop Pengenalan dan Implementasi Matlab untuk Analisis dan Kontrol Sistem Dinamik dan Robotika”. Workshop yang dilaksanakan terdiri dari tiga (3) sesi yang dilaksanakan setiap hari Kamis pada tanggal 26 November, 3 Desember, dan 10 Desember 2020.

Workshop sesi-1 berlangsung dengan sukes dan dihadiri oleh 260 peserta secara virtual. Sesi workshop berikutnya pada tanggal 3 dan 10 Desember diharapkan dapat menarik jumlah peserta yang lebih banyak dan berjalan dengan sukses. D|Rel