Sumut Tuan Rumah “Ngopi Kebangsaan” III Tahun 2023

Sumut Tuan Rumah "Ngopi Kebangsaan" III Tahun 2023
Tangkapan layar zoom meeting persiapan pelaksanaan kegiatan diskusi "Ngopi Kebangsaan" III tahun 2023 di SumateraUtara, Selasa (21/3). Foto: Nanda

Medan-Mediadelegasi: Sumatera Utara (Sumut) disepekati menjadi tuan rumah penyelenggaraan dialog bertajuk “Ngopi Kebangsaan” III Tahun 2023 setelah kegiatan serupa digelar forum Reformasi Humanis Etika Madani (RHEMA) pada tahun yang sama di Jakarta dan Solo, Jawa Tengah.

“Penyelenggaraan “Ngopi Kebangsaan” ketiga tahun ini akan dilaksanakan di Sumatera Utara dan direncanakan sekitar Mei,” kata Ketua Umum RHEMA Dwi Urip Premono dalam acara zoom meeting, Selasa (21/3).

Acara Ngopi Kebangsaan merupakan salah satu wadah forum dialog yang menghadirkan narasumber dari kalangan tokoh seluruh agama dan kepercayaan dalam upaya meneguhkan nilai-nilai spiritualitas serta kearifan lokal untuk membangun dan merawat kerukunan hidup antarumat beragama.

Bacaan Lainnya

Ditambahkanya, RHEMA menetapkan Sumut sebagai tempat ketiga penyelenggaraan Ngopi Kebangsaan karena sebagai salah satu daerah di Tanah Air yang masyarakatnya selama ini dinilai menjunjung tinggi toleransi dan memiliki pondasi yang kuat dari nilai-nilai agama berpadu dengan nilai-nilai budaya.

Dalam rapat secara virtual tersebut turut dibahas, antara lain rencana penetapan tempat penyelenggaraan, narasumber dan berbagai persiapan yang perlu dipersiapkan oleh segenap pengurus RHEMA Sumut yang diketua oleh Adolfina.

“Untuk sementara, kabupaten atau kota yang akan dijadikan tempat penyelenggaraan Ngopi Kebangsaan di Sumatera Utara masih dalam pembahasan, meski sudah ada dua daerah yang diusulkan yakni Medan dan Kabupaten Samosir,” ujar Dwi.

Sedangkan, tokoh agama dan kepercayaan narasumber yang akan tampil sebagai pembicara telah disepakati seluruhnya berasal dari Sumut.

Khusus untuk satu orang narasumber dari kalangan tokoh nasional yang direncanakan tampil sebagai pemateri di acara Ngopi Kebangsaan III, pihaknya akan meminta rekomendasi dari Majelis Permusyawaratan Agung RHEMA.

Pada kesempatan itu, pembina RHEMA Prof. Dr Sihol Situngkir, MBA menyarankan kepada peserta rapat agar penyelenggaraan Ngopi Kebangsaan III tahun 2023 diselenggarakan di Kabupaten Samosir.

“Saya menyarankan Ngopi Kebangsaan kali ini digelar di Samosir, karena selain masyarakat dikenal menjunjung tinggi toleransi, juga para peserta nantinya bisa menyaksikan langsung atraksi budaya dan berbagai kearifan lokal di wilayah itu,” ucap Guru Besar Universitas Negeri Jambi tersebut.

Acara zoom meeting itu juga diikuti kalangan tokoh agama, di antaranya Pdt. Yefta Jimmy Lesnussa, Melly Sandjaya dan Lamhot Silaban. D|Red-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *