Punguan Raja Sitanggang, Wadah Kesatuan yang Mempersatukan

oleh -
Punguan Raja Sitanggang, Wadah Kesatuan yang Mempersatukan
Johannes P Sitanggang.

SOLIDARITAS Punguan Raja Sitanggang Dohot Boruna Indonesia merupakan sikap yang dimiliki anggota punguan dalam ungkapan perasaan atas rasa senasib dan sepenanggungan terhadap orang lain maupun kelompok Raja Sitanggang Dohot Boruna Indonesia dimana pun berada.

Makna solidaritas, melekat rasa simpati dan empati. Solidaritas Punguan Raja Sitanggang Dohot Boruna Indonesia tumbuh dalam diri anggotanya, karena rasa harga diri Punguan Raja Sitanggang Dohot Boruna Indonesia sangat tinggi.

Kuatnya solidaritas Punguan Raja Sitanggang Dohot Boruna Indonesia menjadi cara untuk mempersatukan kekeluargaan antar sesama Sitanggang di perantauan.

Solidaritas sosial ini didasarkan pada perasaan moral dan kepercayaan yang dianut bersama dan diperkuatkan oleh pengalaman emosional anggota punguan, yang berasal dari tanah leluhur Samosir.

Anggota Punguan Raja Sitanggang Dohot Boruna Indonesia harus siap mental merantau pergi dari kampung halaman dengan prinsip hamoraan (kekayaan), hagabeon (kesejahteraan), dan hasangapon (kehormatan) yang menjadi dasar utama untuk merantau keluar dari Bonapasogit Samosir.

Anggota atau pinompar ni Punguan Raja Sitanggang Dohot Boruna Indonesia banyak bermukim dikota-kota besar, tidak hanya dikota Medan dan Jakarta saja, melainkan hampir diseluruh Indonesia dengan berbagai jenis pekerjaan.

Sistem kekeluargaan anggota Punguan Raja Sitanggang Dohot Boruna Indonesia merupakan kelompok sosial yang memiliki hubungan darah atau garis keturunan, kesamaan sohe, perbedaan sohe atau asal usul.

Sistem kekeluargaan Punguan Raja Sitanggang Dohot Boruna Indonesia di perantauan terus menerus dapat mempraktikkan Dalihan Na Tolu dalam kehidupan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.