Proyek Pengaspalan Gunakan Batang Kelapa di Atas Box Culvert

oleh -
Proyek Pengaspalan Gunakan Batang Kelapa di Atas Box Culvert
Pengaspalan jalan penghubung Aekkotabatu- Hatapang di Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara, dilakukan dengan menimbun batang pohon kelapa untuk pondasi jalan di atas box culvert. Foto: D|Ist

Aekkanopan-Mediadelegasi: Ada yang agak aneh dalam proyek pengaspalan jalan penghubung Aekkotabatu-Hatapang di Kecamatan Na IX- X, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura). Pasalnya, batang pohon kelapa disusun untuk pondasi pengaspalan jalan di atas box culvert.

“Baru kali ini ada pekerjaan pengaspalan memakai batang pohon kelapa di atas box culvert itu. Proyek pengaspalan jalan itu dikerjakan kontraktor rekanan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Labura,” kata sejumlah warga, Senin kemarin.

Menurut warga, sebelum pekerjaan  seharusnya diadakan annualizing peninjauan lapangan apakah sesuai dengan bestek (Rencana Awal Pekerjaan).

Dari sini bisa diketahui bahwa dalam perencanaan kondisi box culvert itu sudah seperti itu. Jika sudah seperti itu maka dalam perencanaan kerja itu tidak boleh, kalau box culvertnya belum diperbaiki.

“Maka dari itu, PPK dan rekanan harus membuat keputusan teknis dalam pengerjaan dilapangan yang dituangkan dalam annualizing atau belum, baru kemudian diaspal,” kata salah seorang warga yang mengaku sedikit paham tentang pengerjaan pengaspalan.

Ia mengaku  baru kali ini  melihat pengaspalan menggunakan pohon kelapa di atas box culvert. Tapi, apapun alasannya tetap saja hasil kerja proyek itu bakal mengecewakan masyarakat.

Dijelaskan, melihat pekerjaan pengaspalan yang baru dihamparkan itu,  di atas box culvert terlihat aspal retak- retak. Akibat, kesalahan perencanaan yang kurang matang. Kalau begini kualitasnya pengaspalannya, pasti tidak bertahan lama, dan keretakan aspal itu dikhawatirkan semakin melebar dan jalan itu lebih cepat rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.