Program Bina Lingkungan, PT Inalum Bantu Rakyat Pintu Pohan Meranti

oleh -655 views
Penerima bantuan bedah rumah di desa Pintupohan, Ronald Simangunsong dan Edison Radjagukguk
Penerima bantuan bedah rumah di desa Pintupohan, Ronald Simangunsong dan Edison Radjagukguk

Toba-Mediadelegasi: PT Inalum (Persero) terus memperhatikan masyarakat di sekitarnya melalui Program Bina Lingkungan. Program tersebut berbentuk bantuan pembangunan bedah rumah, jamban, instalasi air bersih, perbaikan irigasi, dan lainnya.

Bantuan untuk membantu warga yang secara simbolis ole PT Inalum (Persero) diserahterimakan kepada warga, pada 18 November 2020 itu,  difokuskan di dua desa di Kecamatan Pintu Pohan Meranti Kabupaten Toba

Sebanyak dua rumah, 16 unit jamban, satu instalasi air bersih, gapura dan tembok penahan tanah kantor camat dibangun di desa Pintu Pohan dan dua rumah, 29 unit jamban, dan irigasi air dibangun di desa Meranti Utara.

Bantuan ini diresmikan oleh Direktur Eksekutif Sumber Daya Manusia PT Inalum (Persero) Dwi Fatan Liliyana bersama dengan Kepala Desa Hotlan Tambunan, Kepala Desa Meranti Utara Walter Siagian, Kepala Camat Pintu Pohan Meranti Gibson Sinaga, serta warga sekitar.

“Selamat sudah punya rumah baru. Saya titip rumahnya ya. Rumah ini bukan milik Inalum tapi milik Bapak dan Ibu. Inalum hanya bantu membangun sebagai fasilitator, Bapak dan Ibu yang harus menjaga dan merawatnya,” ujar Dwi Fatan Lilyana dalam sambutannya didampingi Manager CSR Inalum, Tober G. Sidabutar dan Manager Humas PLTA, A Iqbal Harahap.

Hal yang sama, Dwi Fatan Lilyana yang akrab disapa Lily mengatakan, untuk bantuan unit jamban, irigasi, dan instalasi air. Ia berharap warga sekitar turut menjaga dan merawat fasilitas-fasilitas yang telah dibangun oleh Inalum.

Penyerah kunci rumah secara simbolis oleh Direktur Eksekutiv SDM PT Inalum (Persero) kepada Kepala Desa Meranti Utara

Selain itu, ia juga berharap bantuan ini dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman agar warga dapat hidup sehat dan bahagia, terkhusus untuk anak-anak di desa tersebut supaya dapat tumbuh sehat dan cerdas.

“Harapan jangka panjangnya, bantuan fasilitas ini dapat meningkatkan ekonomi dan kesehatan masyarakat di kedua desa tersebut,” ungkap Lily yang kemudian disambut antusiasme warga dengan tepuk tangan.

Menyambut program bina lingkungan PT Inalum (Persero), Kepala Desa Pintupohan Hotlan Tambunan juga mengungkapkan rasa syukurnya.“Terima kasih banyak, semoga Inalum terus memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat,” demikian di sampaikan Hotlan Tambunan selaku Kepala Desa Pintupohan.

Begitu juga, Kepala Desa Meranti Utara Walter Siagian pun menyampaikan terima kasihnya kepada Inalum atas bantuan fasilitas yang diberikan. Ia juga berharap pembangunan unit jamban dapat memberikan manfaat kebersihan dan kesehatan kepada warga di desanya.

Anak anak di desa Pintupohan menggunakan instlasi untuk kebutuhan sehari-hari yang dibangun PT Inalum lewat Program Bina Lingkungan

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih atas kepedulian PT Inalum terhadap perhatian dan kepeduliannya kepada warga sekitar. Semoga fasilitas yang telah dibangun dapat kita gunakan dengan baik, kita rawat, dan manfaatnya dapat terus kita rasakan dan nikmati,” ucap Camat Gibson Sinaga.

Sebagaimana diketahui, Inalum adalah perusahaan plat merah kebanggaan negeri yang mengoperasikan 2 PLTA di Sungai Asahan dan pabrik peleburan aluminium di Kuala Tanjung.

Korporasi ini telah menjalankan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan sejak 2014 di 10 kabupaten/kota sekitar Danau Toba, Sumatera Utara sebagai bentuk komitmen untuk berkontribusi terhadap pembangunan masyarakat di sekitarnya. D|Tsa-36

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.