Perlu Cara Baru Pemanfaatan Iptek Berkeindonesiaan

oleh -84 views
Perlu Cara Baru Pemanfaatan Iptek Berkeindonesiaan
Presiden Jokowi memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2021. Foto: D|Ist

Catatan | Adian Franciscus Sihaloho | Mediadelegasi

SETIAP tanggal 1 Juni, bangsa Indonesia memperingati hari lahir Pancasila.  Dasar negara Indonesia yang ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar 1945. Hari ini juga menjadi hari libur Nasional yang ditetapkan Presiden Jokowi, sejak tahun 2016. Perlu cara-cara baru pemanfaatan Iptek yang berkeindonesiaan.

Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BUPKI) pun dibentuk. Lembaga ini dinamai Dokuritsu Junbi Cosakai. Pada sidang pertama tanggal 29 Mei 1945 bertempat di Gedung Chuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila) para anggota dan tiga tokoh Nasional Indonesia yaitu Mohammad Yamin, Soepomo dan Soekarno membahas mengenai tema Dasar Negara.

Sejarah mencatat, dari kekalahan Jepang pada perang Pasifik. Kemudian Jepang berusaha mendapatkan hati Rakyat Indonesia dengan menjanjikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

Sidang berjalan hingga lima hari, pada tanggal 1 Juni 1945 Soekarno menyampaikan gagasannya mengenai dasar negara yang dinamai Pancasila. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas.

Lima dasar negara yang disebutkan Soekarno yakni, Kebangsaan, Peri kemanusiaan, Demokrasi, Keadilan Rakyat, Ketuhanan Yang Maha Esa. Pidato pertamanya tentang gagasan Pancasila inilah yang kemudian diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

Dalam pidato kenegaraan Presiden Jokowi menyampaikan amanat dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa(1/6), menekankan pentingnya perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak dilakukan dengan cara-cara biasa.

“Memerlukan cara-cara baru yang luar biasa dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang berkeindonesiaan,” tegas Jokowi.

Kita sebagai bangsa Indonesia yang punya hati nurani,  sudah seberapakah kita mengamalkan dan berpegang teguh sila-sila Pancasila di dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air? Mari kita mengajak masyarakat untuk menjadikan Pancasila sebagai pondasi dalam kehidupan sehari-hari. “Selamat hari lahir Pancasila”. *

No More Posts Available.

No more pages to load.