PDIP Humbahas Kecewa Dosmar Pindah ke Golkar

oleh -1,213 views
PDIP Humbahas Kecewa Dosmar Pindah ke Golkar
Pimpinan dan pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Humbahas menjelaskan keputusan hasil rapat pleno terkait kepindahan Dosmar Banjarnahor ke partai lain, kepada pers di Doloksanggul, Senin (7/11). Foto: B. Nababan.

Humbahas-Mediadelegasi: Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara (Sumut) menyatakan kecewa dengan kadernya Dosmar Banjarnahor yang hampir dapat dipastikan telah memutuskan pindah ke Partai Golkar.

DPC PDIP Humbahas dalam konferensi pers di Doloksanggul, Senin (7/11), menyebut rasa kecewa itu berawal ketika viralnya tayangan foto Dosmar Banjarnahor saat menerima kartu tanda anggota (KTA) dari Partai Golkar.

“Saat viral di media sosial Dosmar masih kader PDI Perjuangan yang belum resmi menyatakan mengudurkan diri,” kata Sekertaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Humbahas, Kepler Torang Sianturi.

Menurut dia, Dosmar Banjarnahor yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Humbahas sebelum memutuskan pindah ke partai lain perlu terlebih dahulu berdiskusi dengan fungsionaris PDIP setempat dan menyampaikan surat resmi pengunduran diri.

Namun, kata Torang, tata cara dan etika berpolitik tersebut justru tidak ditempuh oleh Dosmar Banjarnahor selaku kader PDIP yang dua kali menang Pilkada Humbahas.

Dia juga mempertanyakan dimana etikanya Dosmar yang dua kali diusung PDIP saat Pilkada Humbahas, lalu pindah ke partai lain saat masih menduduki jabatan bupati.

Apalagi, Dosmar pada 12 September 2022 dihadapan sejumlah fungsionaris dan kader PDIP Humbahas pernah menegaskan bahwa dirinya sampai kapanpun akan tetap bersama partai yang ikut berperan besar mendukung perjalanan karir politiknya itu.

Karena itu, lanjut dia, adalah wajar jika jajaran fungsionaris DPC PDIP Humbahas menyesalkan sikap Dosmar Banjarnahor yang memutuskan pindah ke partai lain tanpa diketahui alasan yang jelas.

Sebelumnya, Dosmar yang juga Ketua DPC PDIP Humbahas dibebastugaskan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sesuai SK nomor: 270/KPTS/DPP/IX/2022 tertanggal 26 September 2022.

Pengganti Dosmar sebagai Ketua DPC PDIP Humbahas adalah Oloan Paniaran Nababan yang merupakan Wakil Bupati Humbahas saat ini.

Menyikapi pelanggaran disiplin partai yang telah dilakukan oleh kadernya tersebut, DPC PDIP Humbahas melalui rapat pleno Senin, 7 Nopember 2022 mengusulkan kepada DPP PDI Perjuangan agar Dosmar Banjarnahor dikenakan sanksi tegas berupa pemecatan.

Dalam rapat pleno DPC PDIP Humbahas itu juga diputuskan bahwa Dosmar meski sudah pindah partai wajib dimintai pertanggungjawaban soal keuangan dan aset partai.

“Upaya untuk meminta pertanggung jawaban tetap akan dilakukan bahkan ke ranah hukum sekalipun akan ditempuh,” ucap Kepler.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Politik, Hukum, HAM dan Perundang Undangan DPC PDIP Humbahas, Ramses Lumbangaol, menilai keputusan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan mengganti Dosmar sebagai ketua DPC PDIP Humbahas beberapa waktu lalu adalah hal yang realistis.

“Keputusan Ketua Umum DPP PDIP tersebut seharusnya direspon secara positif oleh Dosmar agar dirinya bisa lebih fokus melaksanakan tugas sebagai Bupati Humbahas,” ujar Ramses. D|Has-100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.