Optimalisasi Penyaluran Dana KUR bagi UMKM

oleh -154 views
Optimalisasi Penyaluran Dana KUR bagi UMKM
Foto: D|Ist

Curup-Mediadelegasi:  Pemkab Rejang Lebong melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) rencana optimalisasi penyaluran dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Rabu (22/6), di ruang rapat Bupati Rejang Lebong.

Seketaris Daerah Kabupaten Rejang Lebong Yusran Fauzi ST saat membuka Rakor itu mengatakan Rakor merupakan wujud dukungan sinergi dan kolaborasi Pemkab Rejang Lebong dalam menyukseskan program kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

 “Kita akan mendorong UMKM di Kabupaten Rejang Lebong terutama yang mempunyai skill agar mereka bisa bangkit dan lebih berkembang lagi,” katanya.

Kemudian Seketaris Daerah Kabupaten Rejang Lebong yang diwakili Staf Ahli Bupati Rosita SH mengatakan, hasil keputusan rapat hari ini semuanya mendukung dalam mengoptimalkan penyaluran dana KUR untuk pelaku UMKM di Desa Balitar Seberang dan sekitarnya.

Menurutnya, untuk meningkatkan ekonomi di masyarakat, UMKM ini akan dibantu atau didukung oleh pihak perbankan seperti Bank Bengkulu, Bank BCA, Bank Mandiri, dan Bank BRI, yang nantinya akan terlibat dan menilai siapa saja yang layak melakukan pinjaman dana KUR tersebut.

“Selanjutnya Kita akan melakukan sosialisasi pada tanggal 12 Juli nanti tentang mekanisme bagaimana cara  mengajukan pemanfaatan UMKM,” tambahnya.

Tidak hanya itu Rakor ini juga membahas tentang peningkatan akses infrastruktur di Desa Belitar Seberang karena sebentar lagi Desa Belitar seberang akan dikunjungi  Sandiaga Uno Menteri Pariwisat dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Adapun akses yang akan ditindaklanjuti  yaitu perbaikan akses jalan, toilet umum, tempat sampah, kelengkapan home stay, akses petunjuk jalan, dan lain-lain.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan SDM Setda Provinsi Bengkulu Zahirman Aidi, S.Pd, M.TPd, sekaligus penyampaian program-program TPAKD provinsi Bengkulu untuk menjadi acuan Kabupaten Rejang Lebong.

Kemudian Kabag Ekonomi Setda Rejang Lebong, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Rejang Lebong, Kadis Pariwisata Rejang Lebong, Kepala Desa Belitar Seberang, pengurus Bumdes Belitar Seberang dan perwakilan dari perbankan.

Kepala Kantor Wilayah Ditjen Pemberdayaan Provinsi Bengkulu, Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan SDM Setda Provinsi Bengkulu, dan perwakilan dari Bagian Kebijakan Perekonomian Setda Provinsi Bengkulu dan Sub koordinator analisis Ekonomi makro Setda Provinsi Bengkulu. D|Rlb-117

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.