Lulusan Pendidikan Matematika Bukan Sekadar Menjadi Guru

Lulusan Pendidikan Matematika Bukan Sekadar Menjadi Guru
ilustrasi. Foto: D|Ist

Medan-Mediadelegasi: Tokoh pendidikan, kritikus sosial kemasyarakatan Sumatera Utara, yang juga Dosen Universitas Katolik Santo Thomas, Johannes P Sitanggang mengatakan, lulusan pendidikan matematika bukan sekadar menjadi guru, namun banyak hal yang bisa dijadikan dalam mengaplikasikan pengetahuan tersebut.

Demikian Johannes P Sitanggang, kemarin, usai meninjau pelaksanaan magang dua mahasiswa pendidikan matematika di SMK Negeri 1 Kabanjahe.

Dikatakan, lulusan pendidikan matematika dapat bekerja di berbagai lembaga pemerintahan pusat maupun pemerintahan daerah, mulai dari Analis Kurikulum SD-SMA (PNS di Kemendikbud), Desainer Program Pembelajaran SD-SMA.

Bacaan Lainnya

Dikatakan, pengembang Teknologi Pembelajaran,  BPS (Badan Pusat Statistik), Departemen Keuangan, dan masih banyak lagi, tujuan utama memang menjadi Guru tetapi ilmu yang diperoleh dapat dipergunakan untuk kepentingan masyarakat secara umum. “Itu sebabnya lulusan pendidikan matematika harus kreatif dan kaya ide,” jelasnya.

Menyinggung penerapan ilmu pendidikan matematika dalam dunia kerja, Johannes P Sitanggang yang kerap dipanggil mahasiswa Pak Jo mengungkapkan secara detail bahwa arah pendidikan matematika saat ini sudah harus diubah.

“Paradigm lama harus ditinggalkan jika ingin bersaing dengan universitas kompetitor yang juga memiliki program studi pendidikan matematika. Lulusan pendidikan matematika dengan paradigma baru harus bisa memberi manfaat lewat cara lain,” katanya.