LSM Sukma Berziarah ke Makam Guru Patimpus Sembiring Pelawi

oleh -155 views
LSM Sukma Berziarah ke Makam Guru Patimpus Sembiring Pelawi
Makam Guru Patimpus Sembiring Pelawi selaku Pendiri Kota Medan di Dusun III, Desa Lama, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang. Foto: D|Ist

Hamparan Perak-Mediadelegasi: Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Suara Keadilan Masyarakat (Sukma) berziarah ke makam Guru Patimpus Sembiring Pelawi selaku Pendiri Kota Medan di Dusun III, Desa Lama, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang, Jumat kemarin.

“Ketika kita mengingat sejarah pendiri kota Medan, tentu menambah kebersamaan dalam menyambut hari jadi ke-432 Tahun Kota Medan. Tidak terlepas dari rasa cinta  kita kepada Guru Patimpus Sembiring Pelawi selaku Pendiri Kota Medan,” ujar Pembina LSM Sukma H Muksin kepada wartawan.

Muksin menyebutkan, bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawannya seperti pendiri Kota Medan,  Guru Patimpus Sembiring Palawi sebagai  Walikota Pertama di Medan, namun jasanya sebagai pendiri kota Medan tak setimpal dengan penghargaan yang semestinya dari para penerusnya.

LSM Sukma  bersama para tokoh pemuda dan suku Karo, Ketua PAC sedulur Jokowi, Ketua PP Desa Lama, Pengembang Perumahan Pesona 2,Ketum DPP Pemuda Barisan Karo Jesaya Tarigan, Ketua DPC Pemuda Barisan Karo Daniel Kaban Kota Medan hadir merayakan hari jadi Kota medan dengan berziarah ke makam Guru Patimpus Sembiring Palawi.

H Muksin mengatakan awal mula kemakam guru Patimpus Sembiring Palawi  berziarah ketika di zaman Abdillah mantan walikota medan dimasa jabatannya.

“Seyogianya Walikota Medan, melaksakan ziarah ke Makam Pendiri kota Medan sebagai penghormatan Sebelum melaksanakan kegiatan pesta perayaan Kota Medan, Saya sudah sampaikan tadi bahwa setiap event ulang tahun kota Medan ya kita harapkan berziarah dulu ya ke makam pendiri kota Medan habis itu baru kita laksanakan event acara memeriahkan HUT Kota Medan dalam bentuk apapun tapi paling tidak kita berziarah dulu hormati pahlawan yang terdahulu baru kita melaksanakan kegiatan-kegiatan yang lain,” ungkap H Muksin prihatin.

Menurut H Muksin pendiri Kota Medan, Guru Patimpus adalah milik semua suku yang ada di Sumatera Utara karena Medan adalah barometernya Sumatera Utara, Guru Patimpus itu memang Pelawi akan tetapi milik semua suku yang ada khusunya di Sumatera Utara.

Selain itu, kata Muksin, Guru Patimpus selaku pendiri kota Medan belum banyak diketahui generasi masyarakat Kota Medan, sebab masih banyak yang tidak mengetahui dimana keberadaan makamnya dan informasi yang benar atas keberadaannya.

Dalam acara ziarah itu, Ketum DPP Pemuda Barisan Karo Kota Medan, Jesaya Tarigan menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi makam Guru Patimpus Sembiring Palawi, yang jauh dari kesan sebagai pahlawan pendiri kota Medan, selain letak pusara yang jauh dari kawasan Kota Medan, tidak ada perawatan khusus terhadap akses dan bangunan pusara sebagai tokoh perjuangan Kota Medan. D|Med-55

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.