Kunker Kedutaan AS: Kembangkan Potensi Wisata Danau Toba

oleh -440 views
Kunker Kedutaan AS: Kembangkan Potensi Wisata Danau Toba
Meryl Rouli Saragih bersama Kedutaan AS saat kunker ke Balige, Jumat kemarin. Foto: dok pdip

Balige-Mediadelegasi: Jumat kemarin, Kedutaan Amerika Serikat (AS) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut). Meryl Rouli Saragih, Anggota DPRD Sumut hadir memenuhi undangan Duta Besar AS untuk Indonesia HE Amb Sung Y Kim.

Kehadiran Meryl Rouli Saragih merupakan rangkaian kegiatan International Visitor Leadership Program (IVLP) beberapa waktu lalu ke AS.

Hadir juga Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Utara Mr Gordon S Church, Jimmy Bernando Panjaitan sebagai kepala Badan BPOD dan rekan lainnya.

Menurut Meryl, pertemuan tersebut adalah serangkaian kunjungan kerja Kedutaan AS dalam pengembangan pariwisata di kawasan Danau Toba. “Saya bakal bahas bersama dengan stakeholder yang ada di kawasan Danau Toba,” kata Meryl.

Menurutnya, dia berbincang mengenai pembangunan budaya, pariwisata, sumber daya alam serta sumber daya manusia dalam mengembangkan ke arifan lokal dan potensi-potensi lain sekitar kawasan danau toba yang di kelilingi tujuh Kabupaten; Karo, Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir dan Dairi.

Dalam pertemuan itu, lanjut Meryl, Duta Besar AS menyampaikan apresiasi atas kunjungannya ke Danau Toba, berharap bisa berkerjasama antara pemerintah AS dengan Pemerintah Sumatera Utara khusus untuk kabupaten kota yang mengelilingi danau toba baik dalam bentuk investasi, pemberdayaan manusia atau pelestarian lingkungan yang merupakan kawasan destinasi yang menjadi prioritas pemerintah Indonesia.

“Dalam kesempatan tersebut  sang Dubes terlihat senang melihat keindahan Danau Toba dan bisa bekerja sama untuk pembangunan Danau Toba,” ujar Meryl.

Dubes berharap, ke depannya banyak kolaborasi dan sinergi yang bisa kita bangun bersama antara pemerintah Sumatera Utara dan pemerintah Amerika Serikat dan kita membahas bagaimana pengembangan pariwisata dan tourism. “Dan kita juga akan memperdalam kerjasama antara Indonesia dan Amerika Serikat dan lebih khususnya antara Amerika dan Sumatera,” sambungnya. D|Red-06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.