Karnaval Sejuta Warna Ulos Berlangsung Meriah

oleh -378 views
Karnaval Sejuta Warna Ulos Berlangsung Meriah
Para tokoh masyarakat Batak memakaian kain ulos kepada Pelaksana Tugas Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono pada puncak acara Karenaval Sejuta Warna Ulos tahun 2022, di Kota Bekasi, Minggu (20/11). Foto: KMDT

Bekasi-Mediadelegasi: Penyelenggaraan Karnaval Sejuta Warna Ulos yang digelar Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Kota Bekasi, Jawa Barat bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi berlangsung meriah dan dihadiri ratusan peserta, Minggu (20/11).

“Karnaval Sejuta Warna Ulos ini baru pertama kali diadakan secara besar-besaran di Kota Bekasi,” kata Ketua panitia pelaksana karnaval sejuta warna ulos Hasudungan Manurung, di sela acara yang digelar di Jalan Ahmad Yani Kota Bekasi.

Dalam acara yang turut dihadiri Pelaksana Tugas Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono itu, Hasudungan yang juga Ketua DPD KMDT Kota Bekasi menyampaikan apresiasi kepada segenap jajaran Pemkot Bekasi dan masyarakat setempat yang telah mendukung acara tersebut sehingga berlangsung lancar dan meriah.

Rangkaian acara karnaval bertajuk Carnaval Ulos On The Street yang digelar bersamaan dengan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) tersebut diawali dengan penampilan para aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Bekasi yang membawakan tarian Tor tor Batak.

BACA JUGA:  DPP Partai Garuda Sumut Hadiri Rapimnas 2022

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penampilan para musisi yang memainkan alat musik uning-uningan dengan membawakan beberapa lagu Batak, antara lain O Tao Toba dan O Tano Batak.

Di tengah acara yang cukup banyak disaksikan warga itu, para musisi Batak juga menujukkan kebolehan mereka memperdengarkan karya musik kreatif berjudul “We Are The Champion”.

“Kami turut merasa bangga dan senang atas perhatian masyarakat di Kota Bekasi yang begitu antusias menyaksikan rangkaian acara Karnaval Sejuta Warna Ulos ini,” ujar Hasudungan.

Di sela acara hiburan musik khas Batak, sejumlah peserta terlihat berjalan beriringan dengan mengenakan pakaian tradisional khas Batak dibalut dengan kain ulos.

Acara puncak Karnaval Sejuta Warna Ulos ditandai dengan mangulosi Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono oleh para tokoh Suku Batak di Kota Bekasi yang merupakan perwakilan dari Suku Batak Pakpak, Batak Toba, Batak Karo, Batak Simalungun dan Batak Mandailing.

BACA JUGA:  Edy Rahmayadi Trauma Lihat Seragam Warna Kuning

“Mangulosi ini sebagai wujud ucapan terima kasih sekaligus pengukuhan kepada Plt Wali Kota Bekasi Bapak Tri Adhianto Tjahyono sebagai sesepuh dan keluarga besar masyarakat Batak yang ada di Kota Bekasi,” tambahnya.

Pihaknya menilai Kota Bekasi dengan latar belakang penduduknya yang terdiri dari keberagaman suku, budaya dan agama selama ini hidup penuh toleransi.

Masyarakat Suku Batak yang berada di kota tersebut, kata Hasudungan, selama ini turut berpartisipasi aktif mendukung program pembangunan dan kebijakan Pemkot Bekasi yang mengusung misi Bekasi Cerdas, Kreatif,Maju, Sejahtera dan Ihsan.

Hasudungan Manurung mengatakan, penyelenggaraan Karnaval Sejuta Warna Ulos merupakan bagian dari upaya memasyarakatkan ulos sebagai salah satu warisan budaya tak benda di Indonesia, sebagaimana telah ditetapkan oleh Pemerintah RI.

“Ke depan tentunya kita berharap agar ulos juga ditetapkan oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization atau UNESCO sebagai salah satu warisan budaya tak benda di dunia,” ucapnya. D|rel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.