Kadin Medan: F1 H2O Momentum Bangkitkan UMKM Sumut

oleh -212 views
Kadin Medan: F1 H2O Momentum Bangkitkan UMKM Sumut
Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Medan Fadli Akbar Darus. Foto: Amirsyam

Medan-Mediadelegasi: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Medan menyebut ajang Kejuaraan Balap Perahu Motor Seri Dunia bertajuk F1 Powerboat Lake Toba atau F1H2O di Danau Toba akan menjadi momentum mengangkat ekonomi lokal dan membangkitkan lagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Sumatera Utara (Sumut).

“Perhelatan F1H2O merupakan momentum yang tepat untuk kembali membangkitkan UMKM, terutama di Sumatera Utara yang sebelumnya sempat terdampak pandemi COVID-19,” kata Ketua Kadin Medan Fadli Akbar Darus kepada mediadelegasi.id, di Medan, Rabu (25/1).

Ia menyatakan optimistis efek dari perhelatan akbar itu akan mendongkrak pariwisata, daya beli dan imbasnya sektor UMKM semakin menggeliat dan bergairah kembali, sehingga sektor riil bergerak dinamis.

Sebab, menurut dia, kejuaraan dunia powerboat yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique (UIM) dan disponsori H2O membuat kawasan wisata Danau Toba bakal ramai dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Lebih jauh Fadli memprediksi ajang F1H2O turut berkontribusi membawa trend positif bagi laju ekonomi Sumut khususnya dan nasional umumnya, sebab perputaran uang dari transaksi selama event internasional itu akan naik secara signifikan.

Untuk mengoptimalkan peluang usaha itu, kata dia, Pemerintah bersama segenap stakeholders perlu mempersiapkan perhelatan berbasis pariwisata olahraga atau sport tourism ini sebaik mungkin dan Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional atau KSPN bisa benar-benar mendunia.

Selain itu, pihaknya menyarankan kepada Pemerintah dan pelaku usaha yang bergerak di sektor jasa pariwisata seperti hotel, kuliner, transportasi maupun suvenir di kawasan Danau Toba terus berbenah, terutama dari sisi kualitas pelayanan maupun beragam produk dan jasa lainnya yang ditawarkan kepada para pengunjung.

Peningkatan kualitas pelayanan yang representatif di sektor jasa pariwisata tersebut, menurutnya, penting dipersiapkan secara baik guna memberi kesan positif bagi tamu yang baru pertama kali berkunjung ke Danau Toba.

“Tentunya kita berharap, kawasan wisata Danau Toba nantinya tidak hanya ramai dikunjungi wisatawan pada saat Kejuaraan Dunia F1H20, tetapi juga pascapenyelenggaraan event tersebut,” ucap Fadli.

Kongkretnya, kata dia, di balik penyelenggaraan F1 H20 Tahun 2023 ada agenda yang tidak kalah penting, yakni mempromosikan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas.

Sebagaimana diinformasikan, Danau Toba mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah F1 Powerboat (F1H2O) World Championship selama lima tahun ke depan atau hingga 2027.

Tahun ini, Danau Toba bakal membuka rangkaian seri ajang balap perahu super cepat paling bergengsi di dunia tersebut pada 24-26 Februari mendatang. D|Med-AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.