IKA-FH Unika Santo Thomas Medan Gelar Donor Darah

oleh -565 views
IKA-FH Unika Santo Thomas Medan Gelar Donor Darah
Sejumlah mahasiswa turut ambil bagian dalam aksi donor darah yang digelar Ikatan Alumni Fakultas Hukum (IKA-FH) Universitas Katolik (Unika) Santo Thomas, di kampus Unika Santo Thomas Jalan Setia Budi Medan, Jumat (2/12). Foto: Limbong

Medan-Mediadelegasi: Ikatan Alumni Fakultas Hukum (IKA-FH) Universitas Katolik (Unika) Santo Thomas Medan menggelar aksi sosial donor darah massal guna membantu mengisi ketersediaan pasokan di Palang Merah Indonesia (PMI) setempat.

“Aksi donor darah ini merupakan rangkaian dari acara pelantikan pengurus IKA-FH Santo Thomas yang dijadwalkan pada pertengahan Februari 2023,” Ketua IKA-FH Santo Thomas Saut Turnip, di sela kegiatan donor darah yang berlangsung di kampus Unika Santo Thomas Medan, Jumat (2/12).

Saut yang didampingi Wakil Ketua IKA-FH Unika Santo Thomas Barrack Donggut Simbolon dan Ketua Persaudaraan Advokat IKA-FH Unika Santo Thomas Ganda Maruhum Panjaitan, menjelaskan donor darah yang dilaksanakan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan.

Ia menjelaskan, aksi sosial egiatan ini juga sebagai bentuk rasa kebersamaan dalam menyelamatkan sesama yang masih banyak membutuhkan bantuan darah yang berada di rumah sakit.

Pihaknya berharap melalui kegiatan donor darah yang dilakukan oleh segenap keluarga besar Unika Santo Thomas tersebut diharapkan bisa membantu dan memberikan setiap tetes darah pendonor bagi masyarakat yang membutuhkan.

Ketua Persaudaraan Advokat IKA-FH Unika Santo Thomas Ganda Maruhum Panjaitan yang juga selaku ketua panitia penyelenggara aksi donor darah tersebut, menjelaskan bahwa para pendonor selain berasal dari pengurus dan anggota IKA-FH, juga diikuti kalangan mahasiswa Unika Santo Thomas Medan.

“Dari kantong darah yang disumbangkan atau yang didonorkan semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya seraya menambahkan jumlah peserta donor darah tercatat sebanyak 100 orang.

Selama kegiatan yang turut diikuti Rektor Unika Santo Thomas Prof. Dr. Maidin Gultom, SH, MH dan Pemimpin Umum Media Delegasi Mandalasah Turnip tersebut, para pendonor terlihat antusias dalam menyumbangkan darahnya.

Pada momentum itu, Mandalasah Turnip yang juga alumni S1 dan saat masih menempuh program S2 di Unika Santo Thomas, mengajak masyarakat agar turut membantu sesama melalui aksi donor darah.

Dikatakannya, donor Darah merupakan kegiatan mulia karena setiap tetes darah yang disumbangkan dengan tepat sasaran akan bermanfaat untuk banyak orang dan termasuk juga kesehatan para pendonor.

Sementara, pengurus Unit Gawat Darurat (UGD) PMI Kota Medan Afina menyampaikan ucapan terima kasih kepada IKA-FH dan civitas akademika Unika Santo Thomas yang telah ikut berkontribusi dalam menjaga stok darah di PMI setempat.

Dia menjelaskan, permintaan darah dari pasien rumah sakit cenderung mengalami peningkatan, sehingga kegiatan donor darah massal dipastikan sangat membantu dalam memenuhi ketersediaan stok darah, seperti yang digagas oleh IKA-FH Unika Santo Thomas Medan.

“Kami berharap kegiatan donor darah bisa juga terus dilaksanakan secara berkelanjutan, termasuk di berbagai lembaga dan organisasi yang lainnya,” ujar Afina. D|Red-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.