Harapan Terpendam Driver Ojol, Tantangan Hidup Menjemput Rezeki di Tengah Pandemi

oleh -54 views

DI balik ketulusan mengantar penumpang dan orderan konsumen, ternyata bagi driver ojek online (ojol) memendam harapan kepada pemangku kebijakan transportasi dan perusahaan tempat mereka bekerja.

Bersama host M Hendra Gustian di studio podcast Mediadelegasi, dua driver ojol di Medan, Sumatera Utara ini buka-bukaan. Harapan terpendam mereka letupkan di balik ketulusan dan hiruk-pikuk kekejaman kota dalam menjemput rezeki di tengah pandemi Covid-19.

Yeni, ibu satu anak yang tengah merawat suami lagi sakit ini, mengaku menjadi driver ojol sebagai pilihan terakhir dalam perjuangan menghidupi keluarga.

Body Protec

Terungkap juga tentang Body Protec (pelindung tubuh), pembatas driver dengan penumpang di musim pandemi Covid-19 yang hanya disediakan perusahaan ojol bagi driver pilihan dengan tarif lebih dibanding driver lain.

Krisna, driver perusahaan berbeda dengan Yeni juga berpendapat sama. “Baiknya fasilitas body protec disamaratakan, karena itu demi upaya memutus matarantai penyebaran Covid-19,” timpal Krisna.

Terkait perhatian sosial pemerintah dan perusahaan ojol, keduanya hanya pasrah. Yeni sendiri mengaku pernah mendapat bantuan beras dari pemerintahan setempat dan beras 10Kg dari perusahaan ojol.
Berbeda dengan Krisna, sama sekali belum memperoleh batuan apapun dan dari manapun selama pandemi Covid-19.

Yeni dan Krisna juga blak-blakan menyorot merek ojol yang terus bertambah yang akhir-akhir ini membuat pendapatan mereka drastis menurun. Mau tidak mau, mereka harus berkompetisi. “Tapi maunya pemerintah membuat regulasi tarif standar jasa layanan ojol. Jangan ojol si merek baru bikin ongkos murah dalam trik persaingan usaha dibiarkan,” kata mereka.

Tantangan persaingan menjemput rezeki cukup merisaukan tapi menantang. Yeni sendiri mengaku pernah tertabrak betor. Namun kekompakan yang cukup terbangun di lapangan menjadi semangat bagi mereka.

“Antardriver saling bantu tanpa memandang merek perusahaan ketika menghadapi kendala, apalagi perlakuan kurang baik terhadap driver di jalanan,” ungkap Krisna.

Sedalam apa terpendamnya harapan driver ojol menghadapi tantangan hidup menjemput rezeki di tengah pandemi, simak videonya. D|Red

#DudukBarengDelegasi #Podcast #Ojol #DelegasiID