Genangan Air Berkadar Garam Penyebab Jalan Rusak di Sicanang

oleh -160 views

Medan-Mediadelegasi: Tak hanya beban kendaraan yang lintas, tetapi genangan air berkadar garam penyebab kerusakan jalan di Sicanang.

Garam-garam yang terdapat dalam
air laut adalah klorida (55%), natrium (31%), sulfat (8%), magnesium (4%), kalsium (!%), dan sisanya (< 1%) bikarbonat, bromide, asam borak, strontium, dan florida. Jadi, rata-rata dalam 1 liter air laut terdapat 3,5% kadar garam.

Beberapa ruas jalan di Indonesia yang
terletak didaerah berdekatan dengan pantai atau laut, seperti kawasan Sicanang Kecamatan Medn Belawan, kerap mengalami permasalahan dengan genangan air laut akibat rob.

Hal tersebut yang menjadi kesimpulan Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Partai Gerindra Medan Belawan Jaya Saputra, didampingi Sekretaris Ichsan Nasution, Bendahara Sunarto dan Wakil Ketua Ketua OKK Ammally, Sabtu (20/6/2021).

Dari hasil survei ke lokasi jalan Rumah Sakit Kusta (RSK) Kelurahan Sicanang Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, mengalami kerusakan bahkan menjadi kubangan.

“Dibagikan benteng, tepat pinggiran aspal, terlihat ada yang bocor. Sehingga, air laut disaat pasang maupun hujan, meluap ke areal badan jalan aspal,” sebutnya.

Dipaparkannya, persimpangan jalan RSK Sicanang sebelumnya begitu bagus, namun kini mengalami kerusakan hingga mencapai 300 meter.

Genangan air dengan kandungan garam, menurut Manajer Klik Bola Young Olahraga Belawan (YOB) Belawan ini, menjadi perbedaan, antara air tawar dengan air laut dalam memberikan pengaruh keawetan kualitas konstruksi jalan.

“Selain faktor air, faktor suhu juga berperan besar mempengaruhi perkerasan jalan beraspal panas. Rata-rata suhu permukaan air laut di Indonesia
berkisar 26°C-30°C. Oleh karena itu, potensi kerusakan cepat terjadi,” tegasnya.

Oleh karena itu, Jaya Saputra selaku tokoh masyarakat, telah menyampaikan laporannya kepada pihak kelurahan dan jajaran kecamatan, untuk menyampaikan keinginannya berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Medan, secara khusus Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan untuk melakukan perbaikan benteng dipinggir laut, yang kemudian dilanjutkan penempelan Aspar jalan yang sudah rusak, sehingga kerap menjadi kubangan disaat air pasang.

“Saya bersama tokoh masyarakat Kelurahan Sicanang, sangat bersemangat mendukung Pak Walikota Medan Bobby Afif Nasution dan Wakil Walikota Aulia Rachman membenahi Kota Medan, secara khusus di wilayah kami di Kelurahan Sicanang,” pungkasnya.

Terpisah, Kadis PU Kota Medan Zulfansyah yang menerima laporan dan keluhan warga kelurahan Sicanang Kecamatan Medan Belawan tersebut, sangat mengapresiasi dan segera menindaklanjutinya.

“Terimakasih atas informasinya, segera dijadwalkan dan ditindaklanjuti,” katanya. D|rel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.