Fatimah, Gadis Kecil Penderita Gizi Buruk di Medan

oleh -110 views
Fatimah, Gadis Kecil Penderita Gizi Buruk
Fatimah. Foto:D|medan|amirsyam

Medan-Mediadelegasi: Fatimah, gadis kecil berusia Sembilan tahun ini kondisinya sungguh memprihatinkan. Kondisi ini terjadi sejak lahir, karena ketiadaan biaya untuk berobat, akhirnya bayi kecil Fatimah ini diberi pelayanan perobatan seadanya.

Kepada Mediadelegasi orangtua gadis kecil bercerita, bahwa kondisi bayi Fatimah terjadi sejak lahir hingga berusia delapan tahun dan berobat seadanya.

“Sejak lahir, anak kami ini beratnya hanya 1,9 Kg dan karena ketiadaan biaya, akhirnya bayi kami ini kami rawat sendiri hingga usia delapan tahun”, ujar Ita Purwani kepada Mediadelegasi, Minggu (2/8), di rumahnya.

Sejak akhir tahun 2019, atas bantuan Sahruddin, bayi Fatimah yang saat itu berusia 8 tahun dirujuk ke RS Pirngadi Medan, untuk mendapatkan perawatan.

Selama hampir 20 hari gadis kecil ini dirawat di RS Pemko Medan atas permintaan keluarga, akhirnya gadis kecil ini dirawat jalan.

“Karena kondisi ekonomi kami yang tidak mampu berlama-lama di RS, karena untuk makan saja selama menjaga anak di RS, kami tidak mampu,” tambah perempuan berhijab ini lirih.

Hingga saat ini gadis kecil Fatimah sudah berusia 9 tahun, namun kondisi idealnya tidak seperti anak usia 9 tahun layaknya.

Akibat pengaruh gizi buruk yang di alami dan lamanya penanganan secara medis, akhirnya Fatimah mengalami stunting, dan secara fisik usianya seperti anak usia tujuh tahun.

Bukan itu saja, gadis kecil ini mengalami gangguan pada penglihatannya, dan nyaris dia tidak bisa melihat. “Kalau jalan, dia harus meraba, bicara pun sulit”, tambah Bima Handoko ayah gadis kecil ini.

Sampai sejauh ini bantuan yang di dapat terakhir saat puasa lalu mendapatkan bantuan susu dari Puskesmas Labuhan. Sehabis puasa hingga sekarang bantuan tidak dapat lagi dari Puskesmas.

“Perawatan rutin hanya di lakukan seadanya, saat ada rezeki kami belikan susu”, ujar Bima yang bekerja sebagai penjaga gudang semen ini.

Mereka berharap, kiranya ada dermawan yang bisa membantu biaya operasi mata untuk Fatimah, agar bisa dapat melihat dan bermain seperti layaknya anak-anak normal yang lain.

Saat ini mereka tinggal di jalan Yong Panah Hijau Gang Bambu Lingkungan V Kel.Labuhan Deli Kec. Medan Marelan. D|Med-67