Dosmar: Pemkab Humbahas Serius Tingkatkan Mutu Pendidikan

oleh -319 views
Dosmar: Pemkab Humbahas Serius Tingkatkan Mutu Pendidikan
Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor disambut tarian adat saat menghadiri pembukaan seminar pendidikan nasional, di aula Huta Mas Doloksanggul, Selasa (22/11). Foto: B.Nababan 

Humbahas-Mediadelegasi: Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat melalui instansi terkait serius meningkatkan mutu pendidikan pelajar di semua jenjang.

“Mutu pendidikan di Humbahas harus sama-sama kita tingkatkan dalam upaya mencetak generasi penerus yang cerdas, terampil dan berpengetahuan,” katanya pada acara pembukaan seminar Pendidikan Nasional yang digelar Dinas Pendidikan Sumut Cabang Dinas Pendidikan Humbahas, di Doloksanggul, Selasa (22/11).

Menurut dia, salah satu bukti Pemkab Humbahas serius meningkatkan mutu pendidikan, diantaranya mengalokasikan anggaran untuk program beasiswa bagi pelajar berprestasi yang berhasil diterima di 11 perguruan tinggi negeri terkemuka, termasuk Universitas Sumatera Utara (USU).

“Pemkab Humbahas memberikan beasiswa bagi siswa dan mahasiswa yang berprestasi. Tidak ada alasan tidak sekolah, karena dengan pendidikanlah masyarakat hidup sejahtera,” kata Bupati.

BACA JUGA:  Mutsyuhito Solin Terima Penghargaan Pendidikan Indonesia 2022

Lebih lanjut, ia mengemukakan bahwa para kepala sekolah serta pengajar/guru memiliki peran paling penting dalam menentukan kelancaran proses belajar mengajar agar kualitas pendidikan menjadi lebih baik.

Peran kepala sekolah, diakuinya, sangat menentukan keberhasilan di sekolah dan di tangan gurulah kekuatan utama memperbaiki mutu pendidikan ke depan. 

Dalam seminar yang diikuti para guru SMA/SMK dan SLB negeri dan swasta se Kabupaten Humbahas dan sebagian Tapanuli Utara tersebut, Bupati mengingatkan bahwa tanpa perhatian dan peran guru tidak mungkin anak-anak didik pintar dan berhasil.

“Pengetahuan membawa dampak yang luar biasa. Kita ingin anak-anak didik di Humbahas bisa bersaing dengan peserta didik lainnya di kota-kota besar seperti di Pulau Jawa,” ucapnya.

Karena itu, Dosmar menyambut baik penyelenggaraan seminar Pendidikan Nasional yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Sumut tersebut.

BACA JUGA:  Pemkab Humbahas Gelontorkan Rp494 Juta Lebih Bagi Delapan Parpol

“Seminar pendidikan nasional ini diharapkan bisa meningkatkan motivasi guru dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 dan implementasi kurikulum Merdeka tahun 2023,” tambahnya. 

Ia menambahkan, Pemkab Humbahas saat ini gencar menerapkan metode gampang asik menyenangkan atau Gasing khusus untuk mata pelajaran matematika bagi siswa untuk tingkat PAUD, SD dan SMP. 

Penerapan metode Gasing, kata Dosmar, dilakukan demi peningkatan mutu pendidikan di Humbahas.

“Bahkan, sudah ada tujuh kabupaten/kota yang meminta kepada Pemkab Humbahas untuk mengajari metode Gasing,” ujarnya.  

Seminar pendidikan nasional itu menghadirkan narasumber, masing-masing Saut Sitompul M.Si yang dikenal sebagai motivator nasional dan dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Humbahas Drs Alfred H Silalahi M.Si. D|Has-100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.