Dinas PU Medan Respon Keluhan Warga Soal Banjir

oleh -1,274 views
Dinas PU Medan Respon Keluhan Warga Soal Banjir
Direktur Utama PT Media Delegasi Nusantara Ir. Mandalasah Turnip, SH (kiri) menyerahkan sertifikat kepada Kepala Bappeda Kota Medan Benny Iskandar (kanan) yang menjadi salah satu narasumber Dialog Interaktif "HorasMedan", di studio MediadelegasiTV Medan, Sabtu (3/12). Foto: Dingot

Medan-Mediadelegasi: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) bersama Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan terus mengidentifikasi kondisi drainase dan secara bertahap telah melakukan upaya normalisasi, guna merespon keluhan warga yang bermukim di lokasi langganan banjir.

Pernyataan tersebut ditegaskan Kepala Bappeda Benny Iskandar dan Kepala Bidang Tata Kelola Air dan Drainase Perkotaan Dinas PU Kota Medan Gibson Panjaitan saat menjawab pertanyaan audiens dalam acara Dialog Interaktif “HorasMedan” yang diselenggarakan Mediadelegasi Medan, Sabtu (3/12).

Dialog interaktif perdana yang baru diluncurkan oleh PT Media Delegasi Nusantara tersebut juga menghadirkan narasumber Kepala BMKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho dan Kepala Seksi Keterpaduan Infrastruktur Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera II Mayjen Sinema Telaumbanua.

Pemerintah Kota (Pemkot) Medan, menurut dia, serius menuntaskan persoalan genangan dan banjir saat terjadi hujan deras, sebagaimana dikeluhkan oleh masyarakat.

Salah satu wujud keseriusan Pemkot Medan dalam upaya meminimalisasi persoalan banjir, menurut dia, direalisasikan dengan mengidentifikasi, merencanakan dan mengalokasikan anggaran untuk membiayai proyek penanganan banjir.

“Perencanaan yang lebih rinci dan lengkap atau detail engineering design mengenai penangan banjir di sejumlah titik rawan banjir di Medan sudah selesai dan pengerjaan di lapangan secara bertahap dilaksanakan oleh Dinas PU,” kata Kepala Bappeda Kota Medan Benny Iskandar.

Dalam dialog interaktif bertajuk Cuaca Ekstrem Datang, Banjir Menerjang (Antara Kewaspadaan dan Penanggulangan) tersebut, epala Bidang Tata Kelola Air dan Drainase Perkotaan Dinas PU Kota Medan Gibson Panjaitan, menjelaskan penataan dan pembenahan drainase merupakan salah satu program prioritas PU Kota Medan.

“Proyek penataan drainase yang setelah diidentifikasi kondisinya rusak parah di seluruh kecamatan secara bertahap telah dikerjakan sejak tahun anggaran 2021,” ujarnya.

Menanggapi pertanyaan audiens dala dialog interaktif soal penanganan banjir di Jalan Gatot Subroto Medan persisnya di kawasan Gang Puskesmas, Gibson mengatakan bahwa upaya perbaikan akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2023.

“Untuk perbaikan drainase di Gang Puskesmas akan dilaksanakan tahun 2023 dengan biaya mencapai sekitar Rp15 miliar,” paparnya.

Diakuinya, kondisi fisik drainase di Gang Puskesmas saat ini sangat memprihatikan sehingga tidak mengherankan jika di kawasan pemukiman penduduk itu kerap menjadi langganan banjir saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi, seperti yang terjadi pada 18 Nopember 2022 lalu. D|Red-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.