Bupati Rejang Lebong Serahkan BKK Desa di Bermani Ulu

oleh -217 views
Bupati Rejang Rebong Serahkan BKK Desa di Bermani Ulu
Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi (kelima kiri) foto bersama para kepala desa penerima Bantuan Keuangan Khusus (BKK) tahun 2022 dari Kecamatan Bermani Ulu, di Desa Purwodadi, Rabu (14/09). Foto: ist

Curup-Mediadelegasi: Bupati Rejang Lebong, Bengkulu Syamsul Effendi serahkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada tiga pemerintah desa di Kecamatan Bermani Ulu dengan besaran Rp100 juta per desa.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah bisa melaksanakan launching program bantuan keuangan khusus walaupun belum keseluruhan,” kata Bupati saat acara penyerahan BKK di Desa Purwodadi, Kecamatan Bermani Ulu, Rabu (14/09).

Disebutkannya, program BKK yang dibiayai APBD 2022 tersebut merupakan program strategis bidang perekonomian sesuai dengan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong dalam kampanye Pilkada serentak 2020 lalu.

Syamsul mengingatkan kepada masing-masing pemerintahan desa agar menjadikan program BKK tersebut benar-benar memberikan manfaat langsung kepada masyarakat penerima bantuan.

Bantuan itu difokuskan untuk program yang bukan konsumtif atau habis pakai, lanjutnya, tetapi diharapkan bisa dikembangkan untuk kegiatan ekonomi produktif oleh masyarakat desa, termasuk bagi kalangan generasi muda.

BACA JUGA:  Dinas Dikbud Rejang Lebong Gelar Olimpiade Siswa Diikuti 129 Peserta

Selain itu, pihaknya juga berharap agar dana BKK dapat dimanfaatkan kegiatan yang berorientasi memperluas ketersediaan lapangan kerja serta upaya mengentaskan kemiskinan melalui program-program solutif di bidang pemberdayaan masyarakat desa.

“Mudah-mudahan dengan uang Rp100 juta tersebut bisa membatu, sehingga kita bisa mengangkat ekonomi anak-anak muda. Program BKK merupakan salah satu bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong terhadap pemuda pemudi yang ada di desa,” ujar Bupati.

Program BKK yang dianggarkan dalam APBD Rejang Lebong 2022 mencapai Rp12,2 miliar dan mulai dicairkan pada awal September 2022.

Dikatakannya, pencairan BKK akan terus dilanjutkan setelah desa-desa lainnya di Rejang Lebong telah melengkapi seluruh berkas administrasi yang dipersyaratkan.

BACA JUGA:  Lonjakan Covid-19 Tinggi, Pemkab Purwakarta Siapkan RS Darurat

Karena itu, ia mengimbau kepada desa lainnya yang belum mengajukan permintaan penyaluran BKK agar segera mengajukan sehingga bisa segara diproses untuk dicairkan secepatnya.

“Khusus bagi desa-desa lainnya yang sedang dalam proses pengajuan kelengkapan administrasi diharapkan bisa segera menyusul,” ucap Syamsul.

Sebelumnya, Camat Bermani Ulu Hantoni, mengemukakan bahwa di wilayahnya terdapat 12 desa dan tiga desa diantaranya telah dinyatakan berhak menerima pencairan dana BKK.

“Saat ini ada tiga desa lagi yang bakal segera menyusul untuk mendapatkan dana BKK, sedangkan sisanya jika tidak ada halangan pengajuan akan selesai dalam minggu ini,” paparnya.

Acara penyerahan dana BKK di Kecamatan Bermani Ulu terutu dihadiri, antara lain Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Suradi Rifaai dan seluruh kepala desa di kecamatan tersebut. D|RLb-117

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.