Bupati Lantik Pejabat Eselon lll Tanpa Rekomendasi Wakil Bupati

oleh -3.089 views
Bupati Lantik Pejabat Eselon lll Tanpa Rekomendasi Wakil Bupati
Foto: D|Ist

Samosir-Mediadelegasi: Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom lantik sejumlah pejabat eselon III di jajaran Pemkab Samosir, yang digelar di Aula Kantor Bupati Samosir, pada Jumat (31/12).

Namun disayangkan, Drs. Martua Sitanggang MM selaku Wakil Bupati Samosir tidak tampak hadir dalam acara pelantikan eselon lll tersebut.

Menurut pengakuan Martua Sitanggang,  Pelantikan eselon lll itu tidak ada rekomendasi darinya dan tidak pernah dibahas bersama Bupati Samosir sehingga dia tidak mengetahui jadwal pelantikan itu.

“Sama sekali saya tidak pernah membahas tentang pelantikan eselon lll dengan Bupati, adapun kemarin yang kami bahas adalah pelantikan eselon ll yang sudah dilantik,” ungkapnya.

Menurut pengakuanya, sebelum pelantikn eselon ll yang digelar pada hari Rabu 30 Desember lalu, dia bersama Bupati sudah sepakat lantik 10 orang pejabat eselon ll, namun kenyataanya yang dilantik cuma 5 orang, hingga kini dia tidak tau apa penyebabnya.

Lalu tentang pelantikan eselon lll yang digelar hari ini, Martua menjelaskan bahwa dia akan hadir jika sebelum pelentikan, Bupati memberitahukan dan membahas ini minimal sehari sebelum acara digelar.

Ditambahkannya, tentang tugas dan Wewenang Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah menurut undang-undang nomor 23 Tahun 2014. Wakil Kepala Daerah adalah wakil dari pucuk pimpinan (Kepala daerah) di daerah. “Jadi segala sesuatunya harus ada komunikasi,” tegasnya.

Wakil kepala daerah, kata Martua  punya kedudukan yang setara dengan Kepala daerah dalam menjalankan roda pemerintahan terkecuali dalam penentuan kebijakan.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom mengambil sumpah/janji dan melantik sejumlah pejabat dilingkungan Kabupaten Samosir diantaranya 6 orang Camat dan 78 Pejabat Administrator yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Samosir.

Adapun pejabat Camat yang dilantik dan diambil sumpahnya diantaranya Robintang Elfrianto Naibaho, SS sebagai Camat Pangururan jabatan sebelumnya Kepala Bidang Pengendalian Usaha Pariwisata, Hans Rikardo Sidabutar, SSTP sebagai Camat Simanindo, Ronal Martohap Sinaga, SSTP sebagai Camat Palipi jabatan sebelumnya Sekretaris Camat Nainggolan, Tino Luhut Uli Nainggolan, S. IP sebagai Camat Nainggolan jabatan sebelumnya Kepala Bidang Pertanahan Dinas PERAKPP, Bresma Simbolon, S.Pd sebagai Camat Ronggurnihuta jabatan sebelumnya Camat Pangururan, Sihar Limbong, SH sebagai Camat Sianjur Mula-mula jabatan sebelumnya Sekretaris Camat Sianjur Mula-mula dan 78 orang pejabat Administrator.

Sesaat  seusai pelantikan, beberapa Wartawan  bertanya ke bupati Samosir Vandiko Timoteus Gultom, mengenai wakil bupati tidak mengetahui adanya pelatikan tersebut. Vandiko menjawab bahwa  pelantikan itu lanjutan dan sudah sesuai hasil assesment dan rekomendasi dari Komisi ASN.

Ia menampik rumor yang berkembang di kabupaten Samosir yang menyebut pelantikan pejabat eselon III tidak diketahui Wakil Bupati.

“Pelantikan ini diketahui wakil, kami kerja sama, ini sebagai lanjutan yang kemarin dan sesuai dengan rekomendasi Komisi ASN,” ujarnya.

Ketika ditanya mengapa wakil bupati tidak hadir dalam pelantikan hari ini, Vandiko menjawab, ada urusan Wakil Bupati.

“Tanyakan saja ke beliau,” Jawab Vandiko ketikan ditanya ada urusan apa sehingga Wakil Bupati  tidak bisa hadir dalam acara tersebut. D|sam-59

One thought on “Bupati Lantik Pejabat Eselon lll Tanpa Rekomendasi Wakil Bupati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.