Bermarga Sidabutar, Erick Thohir Janji Bangun Museum Batak

oleh -613 views
Bermarga Sidabutar, Erick Thohir Janji Bangun Museum Batak
Peresmian Erick Thohir bermarga Sidabutar dilakukan lewat upacara adat Batak, dalam rangkaian acara Tao Toba Heritage Fest di Lopo Hotel, Tomok, Sabtu (26/11). Foto: D|Ist

Samosir-Mediadelegasi: Sesaat dinobatkan bermarga Sidabutar, Erick Thohir menyatakan akan membangun Museum Batak di Samosir, guna kemajuan pariwisata di Kawasan Danau Toba.

“Sebagai orang Batak saya akan membangun kampung halaman saya, Samosir. Dan nanti kita akan bangun museum Batak di Samosir,” kata Erick Thohir, Menteri BUMN itu, dalam rangkaian acara Tao Toba Heritage Fest di Lopo Hotel, Tomok, Sabtu (26/11).

Peresmian Erick Thohir bermarga Sidabutar dilakukan lewat upacara adat Batak. Dia mengaku bangga bisa menjadi bagian dari Bangso Batak, bangsa yang terkenal kaya akan budaya, penuh sejarah dengan masyarakat kekeluargaan yang kerja keras.

BACA JUGA: Erick Thohir: BUMN Bantu Hunian Bagi Milenial dengan Harga Terjangkau

Menurutnya, penyematan marga Sidabutar dan upacara adat adalah satu dari seribu contoh keberagaman budaya Indonesia yang bisa menjadi potensi besar pariwisata ke depan.

“Hormat saya setinggi-tingginya untuk Amang Hari Boss Sidabutar yang telah menjadikan saya sebagai keluarga,” pungkasnya.

Rangkaian acara diawali dengan kebaktian lalu mangalahat horbo dipadu iringan tor tor. prosesi dihadiri keluarga Sidabutar di Tomok.

Orangtua angkat Erick, Harry Boss Sidabutar sekaligus Ketua Panitia Tao Toba Heritage Fest mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Menteri BUMN itu telah memilih Sidabutar menjadi marganya.

“Saat ini Erick telah menjadi Marga Sidabutar dari generasi ke 10 Raja Oppung Sori Buttu Sidabutar dan anak ke 4 dari Harry Boss Sidabutar keluarga Marga Sidabutar ke 8,” jelas Harry.

Sementara itu, Ketua Umum Pospera, Mustang Bonaventura Manurung dalam kata sambutannya menyampaikan sejak hari ini Erick Thohir harus menambahkan marga di namanya “Menteri harus memanggil saya tulang, dan Erick merupakan bere saya,” jelasnya.

Acara mangain anak ini juga turut dihadiri Sekjen Pospera, Adian Napitupulu, Bupati Samosir,Vandiko Gultom dan sejumlah staf BUMN.

Usai upacara adat pengangkatan anak dan pemberian marga, dilakukan juga mangalahat horbo, dimana merupakan ritual tertua suku batak toba. Mangalahat horbo merupakan ritual agung Suku Batak dan bentuk rasa sukur kepada leluhur. D|Red-06

No More Posts Available.

No more pages to load.