Acara Adat Saur Matua Ibu Mertua Johannes Sitanggang Ketua Umum Fokksa

oleh -
Acara Adat Saur Matua Ibu Mertua Johannes Sitanggang Ketua Umum Fokksa
Acara Adat Saur Matua, Terakap Br Barus, Ibu mertua Johannes P Sitanggang, Ketua Umum DPP Fokksa. Foto: D|Ist

Saribudolok-Mediadelegasi: Jambur Rakut Besi, Seribudolok, Jumat (1/10), dipenuhi warga dari berbagai daerah. Mereka datang mengikuti Acara Adat Saur Matua, Terakap Br Barus, Ibu mertua Johannes P Sitanggang, Ketua Umum DPP Fokksa.

Mendiang Terakap Br Barus –ibunda dari Lasmerina Girsang yang bekerja sebagai guru SD Santo Yoseph Medan itu–  meninggal dunia, Rabu 29 September kemarin pada usia 70 tahun. Istri Hot Raja Girsang (almarhum-red) ini meninggalkan tujuh anak, lima laki-laki dan dua perempuan. Satu anak perempuan sebelumnya juga telah lebih dahulu menghadap Sang Pencipta. Keseluruhan anak mendiang telah menikah.

Cerita dari rumah duka, diterima Mediadelegasi, Jumat (1/10), sehari sebelum acara adat digelar, rombongon guru dan pegawai SD Santo Yoseph Medan telah melayat ke rumah duka, sekaligus melaksanakan ibadat singkat dipimpin rombongan pelayat bermarga Sitinjak.

Turut memberi kata-kata penghiburan, Kepala SD Santo Yoseph Medan Boru Manurung. Kepada Lasmerina Girsang (putri alm Terakap Br Barus), yang bekerja sebagai Guru SD Santo Yoseph Medan mengungkapkan agar keluarga tabah dan senantiasa dalam damai.

Mewakili Keluarga Simas Girsang dan Lasmerina Girsang menyampaikan terima kasih atas kehadiran para guru SD Santo Yoseph Medan, yang dating dari kejauhan.

Acara adat Saur Matua, dimulai Pukul 08.00 WIB, di Los/Jambur Rakut Besi Saribudolok, tak jauh dari rumah duka. Isak tangis menderai Keluarga Girsang, saat kehadiran hula-hula Barus Margana, yang bersamaan dengan Sembiring Pelawi Margana, Purba Margana dan Sipayung Margana.

Acara adat dipercepat mengingat situasi PPKM hingga pukul 14.00 WIB. Tampak keluarga dari berbagai daerah Berastagi, Kabanjahe, Seribudolok, Siantar, Sidikalang, Tigalingga, Medan menghadiri acara tersebut yang disambut baik oleh Esron Girsang anak alm Terakap Br Barus, yang saat ini Kepala Desa Rakut Besi Seribudolok.  Acara diiringi musik, Simalungun dan Karo secara bergantian. Sejumlah papan bunga duka, terpampang di lokasi acara adat Saur Matua, antara lain datang dari DPP Fokksa,  Unika Santo Thomas Medan, Pemimpin Umum Mediadelegasi, Prodi Matematika Unika Santo Thomas. D|Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.